GANGGUAN KONSENTRASI SAAT MENGEMUDI KENDARAAN


 
Mengemudikan kendaraan adalah pekerjaan yang banyak membutuhkan konsentrasi. Jadi janganlah anda mengemudi kendaraan sambil menggunakan HP ,karena dapat menambah risiko kecelakaan .


Secara umum, gangguan (konsentrasi) driver adalah salah satu sebab utama dari kecelakaan lalu-lintas. Dengan menggunakan dan berbicara lewat HP akan menyita perhatian yang besar dan bisa menjadi faktor kontribusi terjadinya kecelakaan. Beberapa penelitian melaporkan temuan-temuan bahwa terdapat kejadian kecelakaan yang lebih tinggi ketika driver menggunakan HP dan laporan lain  telah menyimpulkan bahwa pemakaian HP tidak menimbulkan angka kecelakaan yang lebih tinggi. Meski demikian, faktanya masih tetap, bahwa pemakaian HP adalah satu dari sekian gangguan konsentrasi yang dihadapi oleh driver. Dengan kata lain, perhatian mengenai gangguan konsentrasi saat berkendaraan tidak hanya terfokus pada pemakaian HP.



Untuk menjalankan kendaraan dengan aman, seorang pengemudi dituntut memiliki banyak kemampuan / keterampilan yang selalu dipraktekkan secara bersamaan ketika duduk di belakang kemudi. Kemampuan yang harus dimiliki pengemudi ini  mancakup antara lain :

  1. Kemampuan Visual (penglihatan) : misalnya melihat jalan di depan dan sekitar kendaraan, menggunakan cermin, pemeriksaan bagian tepi kendaraan, pemeriksaan alat ukur, speedometer dan lain-lain .
  2. Auditory (mendengar) : Mendengarkan suara rem, sirine kendaraan emergency dan suara kendaraan itu sendiri .
  3. Biomechanical (melakukan aktivitas dengan koordinasi mata dan tangan) :
Mengubah stir roda kendaraan, mengaktifkan sinyal, lampu atas, horn, menekan gas, rem, atau kopling an lain-lain .
  1. Cognitive (berpikir) : Mengantisipasi adanya gerakan ikutan, Menilai situasi seperti gerakan kendaraan lain, kondisi cuaca, dll, Bersiap siaga menhindari bahaya .



Jadi bila anda menggunakan HP ketika sedang mengemudi kendaraan, maka sebagian kemampuan anda tersebut  akan tersita . Karena untuk menggunakan HP seseorang juga dituntut untuk memiliki kemampuan seperti tersebut di atas, yaitu :

1.   Kemampuan Visual (penglihatan) : menekan tombol HP dengan benar, membaca atau        mengamati layar HP.
2.   Auditory (mendengar) :  mendengarkan percakapan.
3.   Biomechanical  : menekan tombol, menggenggam dan menahan HP
4.   Cognitive (berpikir) : terlibat secara aktif dalam percakapan .


Jika dalam keadaan darurat anda harus menggunakan HP ketika sedang mengemudi, maka mintalah  penumpang untuk menjawab / menggantikan panggilan HP jika memungkinkan. Namun jika memang anda harus menjawab panggilan ketika mengemudi, pastikan HP pada posisi yang mudah dijangkau oleh tangan tanpa bersusah payah, atau pinggirkan kendaraan dan berhentilah ketika anda menjawab panggilan HP. Sebaiknya anda juga harus hafal posisi tombol pada HP dan mampu untuk menggunakan HP tanpa harus melihat tombolnya. Anda juga bisa menggunakan hands free atau speaker. Tapi harus diingat, bahwa percakapan itu sendiri sebenarnya adalah gangguan konsentrasi .

Bila mungkin gunakan voice mail dan pilih menu untuk menyimpan pesan. Bedakan pula dering panggilan dari anggota keluarga atau rekan kantor atau teman bisnis. Usahakan melakukan dial ketika berhenti. Hentikan percakapan ketika kondisi membahayakan dalam pengemudian (misal, hujan, jalan yang rusak, jalan sedang dalam perbaikan atau lalu lintas yang macet / hiruk pikuk).

MENGEMUDIKAN KENDARAAN MEMBUTUHKAN BANYAK KONSENTRASI, JANGAN BIARKAN KECELAKAAN TERJADI HANYA KARENA MENJAWAB HP YANG BERDERING


dan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "GANGGUAN KONSENTRASI SAAT MENGEMUDI KENDARAAN"

  1. singkat, padat dan jelas
    sangat memberikan informasi
    www.sepatusafetyonline.com

    BalasHapus