Keselamatan dan Kenyamanan Duduk Di depan Komputer



TIPS Bekerja nyaman di depan komputer

1. Gunakan kursi yang baik dengan punggung dan kursi yang bisa diatur
2. Sebaiknya pengelihatan ke monitor adalah minimal sejajar atau dibawah sedikit dengan garis penglihatan mata ( eye level )
3. Tidak boleh glare (silau) pada layer monitor, sebisa mungkin gunakan filter anti-glare atau geserlah leher monitor dari cahaya atas ( untuk menghindari glare)
4. Jarak tempat duduk adalah 1 lengan dari monitor atau lebih
5. Aturlah tinggi tempat duduk sehingga paha anda parallel dengan lantai, sehingga sirkulasi darah lancar ke kaki dan telapak kaki. Usahakan telapak kaki anda pada lantai atau Footrest (kalau ada)
6. Apabila anda sedang menyalin dokumen, letakkan selalu dokumen didepan anda (sejajar dengan monitor). Pada sudut baca yang natural untuk menghindari otot pegal karena menoleh, jangan lupa beri penerangan pada dokumen.
7. Dalam menggunakan keyboard, mouselimput device, jaga lengan bawah anda pararel dengan lantai, dan sudut siku anda pada 90 atau 110 derajat untuk sirkulasi darah yang baik dan tidak ada tegangan pada otot.
8. Jaga pergelangan anda datar dan lurus. Relaksasikan bahu anda. Kita mempunyai kecenderungan untuk menaikkan bahu kita selagi bekerja, dan ini menyebabkan ketegangan yang berunjung pada sakit kepala.
9. Lengan dan siku relaks dekat dengan tubuh.
10. Monitor dan keyboard terletak didepan kita.
11. Usahakan CPU jangan sampai menghalangi keleluasaan posisi kaki.
12. Sering-seringlah beristirahat sejenak untuk mengurangi rasa pegal. Istirahatkan mata denga aturan 20/20/20. Setiap 20 menit gunakan 20 detik untuk melihat jarak 20 kaki. Sering-seringlah merubah postur. Bangkit dan bergeraklah! Selingilah pekerjaan harian anda sehingga anda tidak duduk dalam waktu lama.
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keselamatan dan Kenyamanan Duduk Di depan Komputer"

Posting Komentar