TANGAN ANDA TIDAK DAPAT DIGANTI




Bagaimana perasaan anda jika anda melihat iklan seperti dibawah ini dalam surat kabar?

= DICARI=

“Mesin sebesar saku baju untuk mengenakan / membuka pakaian, mencuci, mencukur dan menyuapi pemiliknya; menulis dengan pena dan pensil, mengemudi, melakukan semua pekerjaan tangan, menjalan semua peralatan supaya pemiliknya memperoleh penghasilan, harus dapat merasakan panas dan dingin, halus dan kasar, sanggup memasang permainan anak-anak, membuka tutup botol, melaukan perbaikan dan pemnersihan rumah, harus dapat menolong pemiliknya dalam mempertahankan diri dan harus dijalankan dengan menggunakan tenaga manusia”  

Iklan seperti ini tidak pernah kita jumpai dalam surat kabar. Iklan tersebut diibaratkan dengan orang yang nekat sehingga secara terus-menerus membiarkan diri bekerja dalam bahaya dan mesin yang dimaksud adalah tangan.

Kebanyakan kita tidak mementingkan tangan kita yang sangat berharga pada saat bekerja. Umumnya orang baru sadar bahwa tangan itu penting setelah tangannya cedera entah luka, patah atau cacat. Demikianpun jari-jari tangan yang begitu besar manfaatnya dalam hidup. Kehilangan salah satu ibu jari akan sangat mempengaruhi kenyamanan orang saat bekerja dan dapat berakibat pada keselamatan pekerja. Begitu pentingnya jari tangan sehingga oleh Standar Nasinonal K3 Indonesia (diadopsi dari ILO) bahwa jari kelingking yang putus akibat kerja sama dengan kehilangan 300 hari kerja.

Jika tangan dan atau jari anda putus maka anda tidak dapat memasang iklan untuk mendapatkan penggantinya meskipun anda punya banyak uang. Semua harta yang anda miliki tidak akan sanggup membeli tangan untuk diganti sehingga semua yang dimiliki menjadi tidak berguna.
Banyak bahaya yang dapat terjadi pada tangan akibat kerja antara lain luka, tergores, patah dan bahkan putus. Bahaya-bahaya tersebut dapat dicegah sejauh kita mengikuti autran keselamatan dan kesehatan kerja.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk melindungi tangan:
1.      Patuhi aturan K3 yang berlaku, dan bekerja sesuai SOP dan Instruksi Kerja yang telah ditetapkan
2.      Pakailah sarung tangan pada saat bekerja khususnya saat menangani bahan berbahaya dan beracun dan pekerjaan lain yang memang diwajibkan memakai sarung tangan.  Akibat kontak langsung antara kulit tangan dan berbahaya dan beracun dapat menyebabkan kulit iritasi, terbakar bahkan sampai merusak jaringn kulit dan tubuh lainnya
3.      Jangan memperbaiki mesin yang sedang bergerak sebab hal sangat berbahaya. Tangan bisa terseret oleh perputaran mesin. 
4.      Jangan menempatkan tangan saat bekerja pada permukaan mesin atau benda tajam
5.      Usahakan untuk memakai baju lengan pendek saat bekerja di daerah yang menggunakan mesin berputar. Kalau memakai baju lengan pendek, maka kancingnya dipastikan dikancing dengan baik.
6.      Simpanlah barang dan perkakas kerja lain dengan baik untuk menghindari jari tangan terjepit saat mengambil barang atau perkakas kerja lainnya

Tangan merupakan salah satu dari semua anggota tubuh yang harus kita jaga dan kita lindungi. Menjaga dan meindungi seluruh anggota tubuh merupakan wujud penghargaan kita terhadap betapa pentingnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.   
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TANGAN ANDA TIDAK DAPAT DIGANTI"

Posting Komentar