Safety talk : PENGAWALAN MOBILISASI ALAT BERAT DENGAN LOW BOY




Jalan angkut batubara serta jalan tambang di perusahaan tambang memiliki beberapa bahaya , dimana salah satunya adalah bahaya menabrak atau ditabrak kendaraan berat seperti Lowboy . Meskipun secara spesifik bentuk lowboy tidak jauh beda dengan unit trailler pengangkut batubara, namun unit low boy yang sedang bergerak atau berjalan adalah mempunyai tingkat bahaya yang lebih tinggi dari pada unit lain semacamnya. Perbedaan yang terlihat yaitu material yang diangkut oleh unit tersebut.



Di. perusahaan tambang, trailler batubara biasanya hanya mengangkut batubara saja. Namun material yang diangkut oleh unit lowboy bermacam-macam. Biasanya lowboy dipergunakan untuk mengangkut material besar serta alat berat. Material besar yang diangkut contohnya seperti container , bagian dari komponen alat berat yang sangat besar misalnya bucket, boom ,cabin dan lain-lain. Sedangkan alat berat yang biasanya diangkut yaitu, bulldozer, excavator, crane , shovel .

Karena material atau barang yang diangkut lumayan besar dan lebar, maka bentuk dari lowboy adalah tidak mempunyai vessel atau bak muat dengan pagar pembatas. Untuk mencegah muatan lowboy tidak terjatuh, biasanya material atau alat berat yang diangkut diikat dengan rantai . Kadang-kadang lowboy mengangkut bulldozer yang sangat besar hingga sebagian blade atau pisau bulldozer yang diangkutnya melebihi leber dari badan lowboy.

Kondisi muatan tersebut di atas dapat membahayakan unit lain yang berpapasan di jalan. Unit yang berpapasan bisa saja tersenggol oleh bagian alat berat yang diangkutnya atau bisa saja alat berat yang diangkutnya terjatuh karena rantai terputus akibat unit lowboy yang mengerem mendadak karena menghindari tabrakan dengan unit lain yang berpapasan.

Selanjutnya untuk menghindari terjadinya kecelakaan saat unit lowboy berjalan dengan kondisi membawa muatan alat berat atau material , maka prosedurenya adalah :
1. Unit Lowboy yang berjalan dengan membawa muatan tidak diijinkan berjalan sendirian .
2. Lowboy bermuatan saat berjalan harus dilengkapi dengan petugas pengawal dengan kendaraan sarana.
3. Pada saat unit lowboy mulai bergerak , maka petugas pengawal wajib menginformasikan adanya pergerakan lowboy ke semua pengguna jalan melalui radio komunikasi dengan posisi channel yang sesuai dengan jalan yang akan dilaluinya . Misalnya dengan ucapan : ”Perhatian ! Perhatian!, diinformasikan kepada semua pengguna jalan , bahwa terhitung jam sekarang , ada mobilisasi unit lowbow dari Mine Stockyard ke arah Port stock yard . Mohon dapat diantisipasi. Terimakasih !”
4. Informasi keberadaan lowboy lewat radio juga wajib disampaikan secara berulang secara berkala setiap 1 km atau bila kondisi jalan berkelok-kelok dan pandangan terbatas . Misal dengan ucapan : Saat ini unit Low boy melewati tikungan di Km 28, mohon unit kosongan mengantisipasi !
5. Posisi kendaraan petugas yang mengawal yaitu kurang lebih 200 meter di depan unit lowboy yang dikawalnya .
6. Kecepatan lowboy saat berjalan dengan pengawalan tidak boleh lebih dari 50 km / jam .



Ketentuan tersebut di atas adalah wajib dijalankan oleh semua departemen atau perusahaan yang akan melakukan mobilisasi atau pengangkutan material / barang dengan menggunakan unit lowboy. Selanjutnya berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan oleh semua pengguna jalan bilamana mendengar informasi pergerakan lowboy dari radio komunikasi :
1. Segera mengantisipasi dengan mengurangi laju kendaraan bilamana menurut perkiraan atau melihat unit lowboy yang akan melintas sudah berada didepannnya .
2. Segera meminggirkan kendaraan dan atau berhenti bilamana jalan yang akan dilalui cukup sempit atau unit yang diangkut oleh lowboy cukup lebar dan melebihi lebar dari badan lowboy.
3. Mengurangi dan atau menghentikan pembicaraan yang tidak perlu lewat radio komunikasi karena jalur komunikasi yang masih digunakan oleh petugas pengawal.


Mengingat akan pentingnya keselamatan bersama saat di jalan angkut batubara atau di jalan tambang , maka bila anda akan mengangkut barang dengan menggunakan lowboy, ikutilah petunjuk di atas . Serta bilamana saat itu anda adalah sebagai pengguna jalan pastikan selalu bahwa channel radio di kendaraan anda telah sesuai dengan nomor channel area jalan yang anda lalui .


Kurangi kecepatan saat berpapasan dengan unit
lowboy bermuatan. Bilamana perlu menepi dan berhentilah untuk menghindari bahaya terserempet atau tabrakan !
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Safety talk : PENGAWALAN MOBILISASI ALAT BERAT DENGAN LOW BOY"

Posting Komentar