Safety talk HINDARI KECELAKAAN DI JALAN RAYA



Bila kita mendengar adanya berita kecelakaan dari teman atau tetangga atau kita membaca beritanya dari koran, biasanya respon kita berbeda-beda , ada yang biasa saja, ada yang merasa ngeri karena membayangkan berita tersebut . Tetapi barangkali diantara kita masih belum banyak yang berpikiran kritis : Mengapa kecelakaan itu terjadi dan upaya apa yang harus kita lakukan untuk mencegah supaya kecelakaan seperti itu tidak terjadi pada diri kita.

INGAT : kalau kecelakaan dapat terjadi pada orang lain, maka kecelakaan tersebut juga berpotensi terjadi pada diri kita.




Berikut kami sampaikan beberapa tips untuk membantu anda  untuk  menjaga  keselamatan  anda
saat di jalan raya :

1.      Ketika akan mengendarai kendaran, pastikan kendaraan anda dalam kondisi layak jalan. Periksa rem ,lampu,sistim gas, tekanan ban, kondisi ban luar .Pastikan semua dalam keadaan baik.
2.      Pastikan bahwa anda mengenal situasi jalan yang akan anda lalui, misal adanya aspal jalanan yang berlubang  , dimana saja posisi jalan yang sempit serta tikungan.
3.      Pastikan kapan jalan berubah menjadi sibuk karena adanya jam pulang / berangkat anak sekolah atau pegawai .
4.      Kendarai kendaraan dengan pikiran yang tenang , jangan terbawa permasalahan yang sedang terjadi di rumah atau di  kantor. Karena kelengahan anda yang sekejap akan berdampak hilangnya kewaspadaan akan kendaraan lain yang akan mencelakakan diri anda.
5.      Anda juga harus mengetahui bahwa kecelakaan dapat terjadi karena ulah orang lain.
6.      Biasakan anda mengalah bila bertemu dengan mobil atau kendaraan besar yang dalam posisi terjepit atau misal makan ruas jalan anda.
7.      Jangan sekali-kali mengemudi dengan kecepatan tinggi, apalagi saat jalan licin atau hujan gerimis, karena sepeda motor rawan selip ketika di rem mendadak .
8.      Jangan mencuri-curi jalan di tempat tikungan ,apalagi tikungan ke kanan.
9.      Jangan pula mencuri jalan ke kanan hanya karena jalan berlubang , karena kendaraan anda akan bertemu dengan kendaraan dari arah depan.
10.  Kurangi kecepatan bila di depan terlihat ada orang menyeberang atau anak bermain.
11.  Jaga jarak dengan kendaraan di depan anda. Ingat sudah sangat sering terjadi kasus sepeda motor menabrak taksi kota yang berhenti mengambil atau menurunkan penumpang. Usahakan anda masih mampu mengerem bila kendaraan di depan anda mengerem mendadak atau berhenti .
12.  Anda harus ekstra hati-hati bila hari mendekati senja atau petang. Karena banyak kendaraan yang belum menyalakan lampu sehingga keberadaan kendaraan tersebut tidak anda ketahui .
13.  Ingat kendaraan roda dua tidak dirancang untuk melindungi badan anda apabila terjadi benturan. Maka jauhkanlah diri anda dari kemungkinan benturan  .


Demikian tips selamat ketika anda mengendarai sepeda motor di jalan raya. Meski masih banyak tips yang lainnya, tetapi kunci keselamatan 88 % adalah di tangan anda sendiri . 


Ingat : Semua kecelakaan sebenarnya dapat dicegah , maka patuhi rambu lalu lintas dan gunakanlah helm ketika mengemudi .



dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Safety talk HINDARI KECELAKAAN DI JALAN RAYA"

Posting Komentar