MENCEGAH KERACUNAN MAKANAN





Kita sering mendengar berita adanya peristiwa keracunan makanan yang terjadi di rumah ataupun di perusahaan . Kasus keracunan makanan biasanya muncul melibatkan banyak orang. Berbagai faktor dapat menjadi penyebab. Baik yang sengaja maupun yang tidak disengaja. Namun, umumnya kasus keracunan sebagai suatu kejadian kecelakaan.


Penyebab keracunan bermacam-macam. Umumnya karena makanan. Makanan kadaluarsa, tidak higienis, dan tidak memenuhi syarat kesehatan. Lingkungan yang kotor atau adanya genangan air akibat terjadi banjir juga dapat menimbulkan bahaya keracunan .

Lima tahun lalu tepatnya tahun 2004 Badan Pusat Pengawasan Obat dan Makanan mencatat terjadi 82 kasus keracunan makanan yang menyebabkan 6.500 korban sakit dan 29 orang meninggal dunia. Sebanyak 31 persen kasus keracunan itu disebabkan makanan yang berasal dari jasa boga dan buatan rumah tangga.

Keracunan dapat juga menimpa rumah tangga. Anggota keluarga bisa saja mengalami keracunan akibat makanan yang tidak higinis dan kurangnya menjaga dan memelihara sanitasi dan kebersihan. Baik pada lingkungan dapur, peralatan masak, maupun makanan.

Berikut ini beberapa tips singkat dan mudah untuk mencegah keracunan makanan :


  1. Cuci buah dan sayuran dengan seksama (usahakan di bawah air yang mengalir)
            sebelum  dimasak atau dimakan.Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya
            bakteri E-Coli
  1. Cucilah tangan anda sebelum makan
  2. Usahakan makanan tetap panas atau dingin. Membiarkan makanan dalam suhu ruangan memberikan kesempatan bakteri untuk tumbuh
  3. Ketika menghangatkan makanan yang sudah dingin, jangan lupa untuk menutup panci  atau wadah yang    digunakan. Panaskan makanan dengan seksama sehingga semua bagian dari makanan ini  benar-benar panas kembali. Proses pemanasan hanya dianjurkan 1 kali saja.
  4. Jangan menyajikan makanan terlalu lama sebelum dimakan .
  5. Bila ada makanan sisa, segera masukkan dalam lemari pendingin dan jangan
    campur adukkan makanan sisa tersebut, masing-masing tempatkan dalam tempat tersendiri.
  6. Singkirkan dan usahakan tidak mengkonsumsi telur yang telah retak atau rusak.
  7. Perhatikan tanggal kadaluarsa makanan sebelum dimakan.
  8. Perhatikan juga apakah kotak atau kaleng makanan dan minuman telah    menggembung atau terdapat kerusakan pada kemasannya . Karena hal ini  pertanda sudah terjadi infeksi bakteri    di dalam makanan tersebut
  9. Bila dirumah anda terdapat serangga dan tikus, lakukan pest control (pembasmian serangga dan tikus) pada rumah anda. Karena hewan-hewan tersebut selain menjijikkan juga banyak membawa kuman penyakit. jaga kebersihan rumah dan buang sampah secara rutin. perhatikan juga kebersihan lingkungan rumah anda
  10. Bila keracunan terjadi segera periksakan ke dokter




sumber : Gizi.net dan berbagai sumber

 
BUDAYAKAN MENCUCI TANGAN SEBELUM MAKAN UNTUK MENCEGAH KERACUNAN MAKANAN



dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENCEGAH KERACUNAN MAKANAN"

Posting Komentar