CONTROL YOUR RIGHT FOOT !!! USAHA UNTUK MEMINIMALKAN PENGGUNAAN BBM BERKAITAN DENGAN PENGOPERASIAN KENDARAAN BERMOTOR


Pengoperasian Kendaraan secara benar, selain dapat menciptakan suasana keselamatan kerja ternyata juga dapat mempengaruhi  terhadap tingkat efisiensi pengunaan bahan bakar. Bahan bakar yang dipergunakan untuk pengoperasian kendaraan di lingkungan PT.Indominco Mandiri saat ini adalah menggunakan bahan bakar solar yang merupakan bahan bakar fosil yang tidak dapat digantikan.
Usaha hemat BBM sangat dibutuhkan. Peran serta dari anda semua akan sangat berarti dan bermanfaat sangat besar bilamana langkah-langkah penghematan seperti ini dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh karyawan .
Bagi anda yang biasanya mengendarai kendaraan di perusahaan atau memiliki  kendaraan pribadi, berikut ini ada beberapa tips agar kendaraan kita hemat BBM :
1.       Menjaga agar ban dipompa dengan tekanan angin yang sesuai.
Tekanan ban kempes akan menambah boros 2% untuk setiap penurunan 1psi dalam tekanan disemua ban mobil. Untuk tekanan yang tepat akan menghemat BBM sejumlah 4%
2.       Mengganti penyaring udara .
Gantilah saringan setiap 4 bulan atau sesuai dengan tingkat debu di daerah anda.
3.       Periksa kendaraan secara rutin.
Lakukan pemeriksaan atau P2H secara rutin meliputi tekanan ban, oli, lampu-lampu, sumbatan penyaringan udara dan aki. Jika anda menemukan kerusakan segera hubungi bagian maintenance kendaraa.
4.       Berkendara secara mulus,
Ini artinya menginjak gas secara lembut dan menekan pedal rem secara perlahan-lahan. Jaga jarak dengan kendaraan di depan dengan jarak aman 2 detik agar tidak mengerem mendadak.
5.       Kontrol dan kurangi kecepatan.
Setiap kendaraan mempunyai titik hemat BBm optimal yang berbeda.Ingat : setiap kali anda mempercepat laju kendaraan anda 5 km/jam diatas 90 km/jam akan meningkatkan konsumsi BBM 5 %. Kemudikan kendaraan dengan selalu mematuhi batas kecepatan maksimal di jalan yang anda lalui.
6.       Buang beban yang berlebioh dari kendaraan anda.Jangan mengangkut barang secara berlebih. Setiap kelebihan sebesar 45kg akan berdampak pada peningkatan konsumsi BBM sebesar 2 %. Karena energi yang dikeluarkan untuk menggerakkan beban tambahan akan meningkatkan kebutuhan bahan bakar.
7.       Jangan biarkan mesin mobil dalam keadaan hidup bila mpbil tidak sedang dalam posisi berjalan.
Lebih efisien mematikan mesin dan menyalakan lagidaripada membiarkannya 1 atau 2 menit sementara anda menunggu.Membiarkan mesin menyala akan memboroskan BBM dan dan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada mesin.
8.       Gunakan Pengingin udara seperlunya.
Penggunaan AC dapat meningkatkan pemakaian BBM sebesar 20%. Saat cuaca tidak terlalu panas dan tidak berdebu sebaiknya buka saja kaca jendelanya. Namun jika anda mengendarai mobil keluar kota dengan kecepatan 80km/jam penggunaan AC lebih baik dari pada membuka kaca jendela, karena hal ini dapat menciptakan hambatan aerodinamis. Selain itu jika kondisi di dalam mobil lebih panas dari pada diluar, sebaiknya kaca jendela dibuka terlebih dahulu beberapa menit sebelum menyalakan AC .
9.       Rencanakan dulu route perjalanan anda sebelum menyalakan mobil.
Gunakan route perjalanan yang pendek dan tempat mana saja yang akan anda singgahi, agar anda nantinya tidak bolak-balik dalam menempuh perjalanan.
10.   Jaga kebugaran dan atur rasa lelah anda.
Saat berkendara, anda harus selalu sadar dan berkonsentrasi, agar bisa berkendara dengan efisien dan selamat sampai tujuan.
11.   Rawat kendaraan anda secara berkala,
sesuai dengan instruksi dalam buku panduan. Mesin kendaraan yang tidak terawat akan menyebabkan peningkatan konsumsi bbm sebesar 50% dan memproduksi emisi 50% lebih banyak .Contoh : lakukan penggantian oli setiap 5000 km , mengganti oli transnisi setiap 40.000 km dan lainnya.
12.   Selalu menginjak kopling sebelum menyalakan mesin.
Hal ini hanya untuk kendaraan bertransmisi manual. Dengan menginjak kopling maka  akan mengurangi tekanan pada roda gila dan menurunkan friksi yang bisa menghemat BBM.
13.   Mengemudikan pada gigi yang tepat, untuk transmisi otomatis, biarkan computer menentukan gigi yang tepat. Untuk kendaraan manual pilih gigi dengan RPM terendah. Menggunakan gigi rendah daripada yang diperlukan dapat membuang-buang bbm dan menggunakan gigi terlalu tinggi pada saat menaiki bukit juga boros bbm. Untuk kendaraan manual anda dapat menaikkan gigi ke atas segera setelah mobil terdengar terasa nyaman dengan gigi yang lebih tinggi , tetapi tanpa harus menginjak gas lebih tinggi.
14.   Anda tak perlu memanaskan mobil berlama-lama sebelum menjalankannya. Waktu 30 detik sudah cukup untuk memanaskan mesin dan menjalankan sirkulasi oli mesin.
15.   Program Smartway san drivewise dari Environmental Protection Agency merekomendasikan untuk mematikan mesin jika anda berhenti lebih dari 30 detik.

Mari bersama-sama menghemat BBM dengan cara menjadi pengemudi yang bijaksana
dan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "CONTROL YOUR RIGHT FOOT !!! USAHA UNTUK MEMINIMALKAN PENGGUNAAN BBM BERKAITAN DENGAN PENGOPERASIAN KENDARAAN BERMOTOR"

  1. Setuju banget nih sama tips diatas. Kasian sumber daya alam kita makin hari makin habis ye gan. Nice info ^^

    BalasHapus