SELAMAT DATANG ---- UTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ----

Jumat, 15 Januari 2010

Safety Talk CARA MENGANGKAT BEBAN DENGAN TEPAT DAN BENAR


Tak banyak orang yang mengetahui bagaimana teknik atau cara mengangkat barang dengan tepat dan benar. Ketidaktahuan ini dapat mengakibatkan terjadinya cedera punggung . Cedera punggung dapat terjadi dimana saja dan kapan saja baik disaat bekerja dengan posisi duduk di kursi, mengangkat beban, membawa beban, membungkuk untuk mengambil file di laci meja, menyeterika, mencuci piring di wastafel ataupun disaat kita tidur  .






Sebanyak 80% populasi orang dewasa kondisinya hidupnya rentan akan mengalami cidera punggung bawah. Cidera ini biasanya disebabkan oleh kesalahan dalam teknik mengangkat suatu benda dan juga penggunaan yang berlebihan. Dengan menggunakan teknik mengangkat yang benar diikuti dengan latihan penguluran dan penguatan, anda dapat mengurangi resiko cidera punggung.


Perhatikan sikap tubuh yang benar di bawah ini :




1.Berdiri: Jika harus berdiri dalam tempo lama, istrirahatkan salah satu kaki Anda secara bergantian. Letakkan salah satu kaki di atas sesuatu yang letaknya sedikit lebih tinggi dari kaki yang lain. Jika harus bekerja dalam posisi berdiri, hindari posisi tubuh membungkuk atau miring ke samping. Begitupun disaat anda berjalan , bagi wanita hindari penggunaa sepatu berhak tinggi.

2. Duduk: Pilihlah kursi yang dapat mendukung bagian belakang tubuh Anda pada posisi yang benar dan nyaman. Sesuaikan posisi kursi agar kaki Anda dapat menapak di lantai. Kosongkan isi kantong belakang celana Anda (dompet, kunsi, notes, dan sebagainya) agar tidak mengganggu keseimbangan bagian belakang tubuh Anda. Selain itu kondisi isi dompet yang tebal di kantong celana bagian belakang juga dapat membuat nyeri pinggang karena adanya tekanan terhadap otot pantat secara terus menerus dan tekanan yang lebih besar disaat anda sedang duduk .

3.Mengangkat benda :Ada beberapa teknik yang digunakan dalam mengangkat dan membawa suatu benda yang dapat melindungi punggung anda dan dapat mencegah cidera. Bagaimanapun, teknik terbaik dalam mengangkat adalah pengangkatan secara diagonal. Kaki anda memisah, dengan satu kaki sedikit ke depan dari kaki yang lain. Ini memberikan basis penyangga yang lebar, lebih stabil, lebih bertenaga, dan lebih kuat. Tekuk lutut anda dan berjongkok; jaga punggung anda tetap lurus dan kepala anda juga lurus selama mengangkat. Posisi ini memberikan kekuatan yang lebih untuk otot-otot tungkai yang lelih luas dan menjaga keseimbangan punggung anda.


4.Membawa benda :  Pastikan benda selalu menempel pada tubuh, selama mengangkat dan membawanya. Semakin jauh anda membawa suatu benda dari tubuh anda, semakin beresiko untuk punggung anda. Jangan mendadak atau menyentak selama anda mengangkat dan jangan memutar atau menyamping. Ini adalah kebiasaan buruk yang menyebabkan tekanan yang lebih untuk punggung anda, terutama ketika mengangkat secara berulang-ulang, dan akan menyebabkan cidera yang serius nantinya. Ketika membawa suatu benda, gunakan postur yang tepat yaitu berdiri tegak. Jangan terlalu membungkuk ketika berjalan. Membawa dengan beban di depan dan menempel ke tubuh, tetapi ketika membawa dengan jarak yang jauh, bawalan benda dengan menggunakan bahu anda, dan jika benda terlalu berat, carilah bantuan.


5.Mengambil sesuatu dengan berlutut ,jangan membungkuk :
Hindari membungkuk setinggi pinggang ketika mengambil sesuatu. Hal ini dapat menciptakan ketegangan pada punggung dan memperbesar resiko cedera .


6.Tidurlah di atas kasur yang agak keras . Kasur yang terlalu empuk dapat membuat punggung dalam posisi melengkung , sehingga anda merasa tidak nyaman jika saat bangun tidur. Pakailah tempat tidur  yang agak keras atau kasur dengan kekuatan pegas yang masih kuat. Jika tidur miring usahakan merapatkan lutut satu sama lain. Atau jika telentang letakkan bantal dibawah lutut .


7. Bangun dari tidur. Jika anda tidur telentang, jangan langsung bangun, tetapi miringkan dahulu tubuh anda. Selanjutnya bangun dengan cara mengangkat badan menyamping sehingga posisi anda menjadi duduk di atas kasur. Setelah itu pijakkan kaki anda kelantai untuk bangkit dari tempat tidur .


8.Olah raga. Bersepeda, berenang dan jalan santai adalah olah raga yang sangat dianjurkan bagi orang yang sedang mengalami cedera punggung . Karena dalam olah raga tersebut tidak membuat tekanan yang berlebihan terhadap punggung .


Berikut gambar contoh bagaimana melakukan aktifitas untuk menghindari cedera punggung  :

1.Teknik mengambil file di laci  : 


 2. Teknik mengangkat barang :    


3. Teknik membawa barang:


4. Teknik salah ketika mengangkat beban



5. Posisi bangkit dari tidur



CEGAH CEDERA PUNGGUNG ANDA!
RINGAN SAMA DIJINJING, BERAT MINTA BANTUAN SAMA TEMAN ATAU GUNAKAN FORKLIFT !




sumber: berbagai sumber

2 komentar:

  1. nice artikel, bermanfaat banget buat bahan kuliah k3 ku

    BalasHapus
  2. Thanks ya..pekerjaanku sehari2 mengangkat barang di market.ini bnr2 bermanfaat..
    Very nice

    BalasHapus