SELAMAT DATANG ---- UTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ----

Rabu, 13 Januari 2010

safety talk : HINDARI KECELAKAAN DI TEMPAT PARKIR


Sebanyak 90 % kecelakaan lalulintas di di tempat kita pada tahun lalu adalah akibat tabrakan di area parkir. Beberapa terjadi di luar area kerja yaitu ketika pengemudi parkir di rumah , restauran atau tempat keramaian  di tengah kota .
Bagi anda yang tidak pernah mengemudi, mungkin hal ini terasa sangat lucu . Bagaimana tidak sang sopir yang merasa sudah canggih atau jagoan di jalan raya yang teramat ramai dengan hilir mudik kendaraan besar dan kecil, namun  mobilnya menabrak  di lokasi yang sepi , luas dan cuaca yang terang benderang , yaitu di tempat parkir. Biasanya yang ditabrak adalah pagar rumah , pohon di samping rumah, tiang listrik , tiang canopi, mobil lain yang sudah parkir sebelumnya , anak-anak atau orang disekitar kendaraan atau orang tiba-tiba keluar dari toko atau , binatang piaraan, pot bunga dan lain-lain .

Mengapa hal itu dapat terjadi? Jawabannya adalah sepele saja ! yaitu karena biasanya di lokasi parkir pengemudi menjadi lengah, merasa tidak ada tantangan berat. Hal ini membuat pengemudi menjadi over confidence atau kepercayaan diri yang berlebihan. Sehingga ketika parkir si pengemudi melakukan hal-hal ceroboh yang sebelumnya tidak dilakukan .
Berikut adalah beberapa tindakan atau perbuatan ceroboh yang dilakukan pengemudi kendaraan , yang akhirnya mengakibatkan kecelakaan . Data ini berdasarkan atas hasil investigasi terhadap kecelakaan yang pernah terjadi sebelumnya   :
1.     Saat parkir mundur tidak meminta bantuan teman atau petugas parkir .
2.     Tergesa-gesa saat akan parkir atau meninggalkan tempat parkir.
3.     Bersendau gurau dengan teman .
4.     Hanya melihat 1 spion saja dan tidak memanfaatkan 3 buah kaca spion dengan maksimal.
5.     Posisi spion kurang tepat , sehingga memperbesar sudut blindspot area / daerah buta .
6.     Bercakap-cakap dengan teman di sampingnya .
7.     Adanya dering HP atau panggilan radio dan menjawab panggilan tersebut tanpa menghentikan pergerakan kendaraan .
8.     Mengirim atau membaca SMS, membaca koran, majalah .
9.     Menyetel atau mengatur volume radio atau tape atau CD.
10. Mengambil barang di dashboard atau meraih botol minuman .
11. Minum air atau makan makanan .
12. Tidak menolehkan kepala kebelakang atau menengok ke luar jendela untuk memastikan kondisi sebenarnya yang ada di sekitar kendaraan .
13. Tidak mengikuti rambu-rambu petunjuk parkir .


Sekarang kita harus yakin bahwa kecelakaan kendaraan dapat kita hindari , mulai detik ini yaitu dengan jalan berhati-hati yaitu mentaati prosedur mengemudi dengan benar dan menjauhi perbuatan atau tindakan tidak aman . 


HINDARI KECELAKAAN DI AREA PARKIR KENDARAAN ! DAN TINGGALKAN TINDAKAN CEROBOH SERTA SIKAP YANG TERLALU PERCAYA DIRI !

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar