SELAMAT DATANG ---- UTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ----

Selasa, 29 Juni 2010

SAFETY DAN PRODUKSI SAMA PENTINGNYA

Tahukah anda bahwa menurut pimpinan perusahan tambang, Keselamatan dan kesehatan kerja adalah sama pentingnya dengan Produksi ?
Sebelum anda sampai pada pandangan yang ‘meragukan’ ini, sebaiknya pergunakan sedikit pikiran anda untuk memikirkan hal ini. Perusahan tambang seperti juga halnya dengan perusahaan dalam bidang lainnya, selalu berusaha untuk menghasilkan keuntungan. Perusahan juga selalu berusaha untuk terhindar dari kerugian akibat terjadinya kecelakaan, sebab perusahaan harus mengeluarkan biaya tambahan ( extra cost ).



Dibawah ini adalah beberapa ilustrasi yang dapat membawa kita pada kesimpulan bahwa K3 sama pentingnya dengan Produksi:

1. Bertambah banyak kecelakaan , bertambah tinggi biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh perusahaan dan akibatnya perusahaan memperoleh keuntungan yang berkurang dari yang semestinya. Jadi dengan mudah anda dapat mengerti akan kepentingan perusahaan tambang dalam Keselamatan dipandang dari sudut keuangan.

2. Sekarang, kalau kita meninjau dari segi perorangan dan kemanusiaan. Apakah anda orang yang merasa gembira jika melihat orang lain cedera ? Orang yang akalnya sehat, sudah tentu tidak, dan anda boleh bertaruh berapa saja, tidak seorang pun supervisor / pengawas perusahan tambang tempat anda bekerja ingin melihat adanya kecelakaan.

3. Kemudian, kembali kepada anda, bagaimana kepentingan anda dalam keselamatan dipandang dari segi keuangan ? Apakah anda pernah memikirkan bahwa ganti kerugian jauh berkurang dari pendapatan anda yang biasa dan keluarga anda juga menderita karena gaji yang anda terima tidak sebanyak yang biasanya ?. Juga dengan sakit anda sendiri bagaimana akibatnya ? Misalkan, bahwa akhirnya anda menderita cacat, ibu jari atau tangan hilang ? Anda memang akan mendapatkan ganti kerugian karena cacat tersebut, tetapi bagaimana dengan kesanggupan anda untuk mencari penghidupan selanjutnya ?.

Akhirnya anda akan mengerti bahwa baik anda sendiri maupun perusahan tempat anda bekerja, tidak dapat membiarkan terjadinya kecelakaan. Jika anda melakukan pekerjaan anda dengan hati-hati, anda tentu beruntung, karena anda tidak bersedia lagi mengambil resiko yang mungkin dapat mencelakakan tubuh ataupun keungan anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar