Perilaku kerja yang benar


Metode kerja yang benar akan memberikan kenyaman dan keselamatan kerja bagi para pekerja. Metode kerja dibuat berdasarkan beberapa hal sebagai antara lain:
  1. Pengalaman kerja
  2. Perbaikan kegagalan masa lalu
  3. Penelitian ilmiah
Kegiatan yang bersifat berulang ( monotone ) akan mudah mengundang kejenuhan yang dapat berakibat celaka dan karenanya perbaikan metode perlu dilaksanakan. Namun perbaikan tersebut harus didasarkan pada penguasaan metode sebelumnya.
Walaupun metode sebelumnya tersebut tampak kurang  tepat, namun alasan mengapa metode  tersebut dahulu dirancang perlu diteliti sebelum melakukan perubahan.

Berikut adalah 2 langkah pokok yang harus anda lakukan saat akan memulai suatu pekerjaan:
  1. Menguasai seluk – beluk pekerjaan dengan sempurna. Apabila prosedur kerja yang benar dipatuhi, gagasan tentang perbaikan prosedur dapat dilakukan. Pada tahap awal metode kerja jangan diubah semata-mata karena pendapat anda sendiri, tetapi gagasan baru dapat diusulkan sebagai saran kepada orang lain untuk dibahas dan untuk mendapat persetujuan.

  1. Pelajari dan kuasai Standar Operating Prosedur (SOP) dan Instruksi Kerja yang ada. Secara sederhana pekerjaan terjadi atas dasar hubungan antara manusia dan barang. Hubungan antara barang seperti bahan baku, produk, alat dan sarana kerja, dan perilaku  manusia yang berhubungan dengan barang tersebut menyebabkan adanya pekerjaan. Hal ini menandakan bahwa meskipun keselamatan dan kesehatan telah terlindungi ditinjau dari barang yang ditangani, seperti alat dan sarana kerja tetapi kecelakaan dapat saja terjadi apabila perilaku manusia tidak baik.

Dalam analisis penyebab kecelakaan, kelalaian pekerja sering sebagai penyebab utama. Salah satunya banyak ditemukan kelalaian mematuhi prosedur tetap.  Di samping itu tindakan kurang berhati-hati dan tindakan tidak aman adalah juga penyebab kecelakaan. Penyebab lain adalah kepercayaan diri yang berlebihan terhadap kesehatan. Misalnya seseorang mantan olahragawan sering kurang latihan setelah mulai bekerja. Karena terlalu yakin akan kondisi kesehatannya maka dia tidak menghiraukan prilaku kerja yang benar. Akibatnya terjadi perubahan kebiasaan yang dapat menyebabkan sakit pinggang, dan lain-lain. Tanpa latihan, kecepatan bereaksi sesorang menjadi lamban. Disamping kurang tepat dalam menilai kondisi kebugaran, dapat menimbulkan  kecelakaan, walaupun prosedur tetap telah dijalankan sebagaimana mestinya.

Cara kerja atau perilaku kerja yang tidak benar dapat menyebabkan:
  1. Kelelahan. Kelelahan sangat erat kaitannya dengan posisi tubuh saat melakukan pekerjaan misalnya duduk, berdiri dan lain-lain.
  2. Sakit pinggang
  3. Pundak kaku
  4. Matirasa pada lengan

Prilaku kerja yang benar terhindar dari hal-hal tersebut diatas, dan apabila hal-hal tersebut diatas dibiarkan dapat menjadi suatu masalah kesehatan yang kronik.




 
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perilaku kerja yang benar"

Posting Komentar