SIAPA SAYA ?


Saya  selalu berusaha mempraktekkan kebiasaan memelihara kebersihan tempat kerja. Saya mempercayai dan mengikuti kebijaksanaan “ Ada tempat untuk sesuatu dan sesuatu itu berada ditempatnya “.

Saya selalu berhati – hati bila memakai alat – alat, dan saya memakainya hanya untuk apa  alat-alat itu dimaksudkan. Saya memperhatikan mana yang rusak, misalnya tangkai yang longgar atau pecah, kunci yang sudah aus atau pecah-pecah. Jika saya menemukan alat yang rusak, saya melaporkan, mengembalikannya dan menggantinya.


Saya pengikut yang setia dalam hal memakai alat pelindung diri. Saya menyadari sesungguhnya bahwa  acapkali dimasa yang lalu karena saya memakai topi pengaman, pelindung mata, safety shoes dan sarung tangan, saya dapat terhindar dari kecelakaan.

Bila ditugaskan pada pekerjaan mengangkat saya patuhi cara-cara mengangkat yang benar, memusatkan tenaga pada kaki bukannya pada belakang/punggung saya. Jika kelihatannya barang itu diluar batas kemampuan saya, saya selalu meminta pertolongan pada rekan kerja.

Bila menjalankan alat-alat berat, saya pelajari apa-apa bahayanya dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan. Sebelum menjalankannya, saya berjalan disekeliling alat tersebut (Bulldozer, Dump truck, shovel dozer, bus, mobil kecil dan lain-lain), untuk memastikan bahwa tidak ada pekerja atau benda-benda lainnya berdekatan dengan alat/unit yang akan saya operasikan.

Bila saya meninggalkan alat tersebut dan tidak ada orang yang menjaganya, saya perhatikan betul-betul bahwa alat itu sudah mati mesinnya, sudah terkunci dengan baik agar tidak ada kemungkinan alat tersebut dijalankan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Bila menjalankan mobil di jalanan dan jalan raya, saya mematuhi peraturan, baik yang ditetapkan oleh pemerintah ( lalu lintas ) maupun yang ditetapkan oleh Perusahaan. Sebagai seorang pengemudi yang ahli saya siap siaga terhadap pengemudi yang kurang berhati-hati dan saya bersedia mengalah seperlunya.

Saya selalu berjaga–jaga tehadap kemungkinan bahaya bila saya menjalankannya dan berusaha sekuatnya untuk memikirkan keselamatan sebelum memulai pekerjaan tersebut.

Dengan menyadari sepenuhnya bahwa luka atau tergores yang tidak diobati dapat berakibat  jadi semakin parah, saya selalu melaporkan bila saya mendapat kecelakaan seperti itu.

Saya tidak berminat berolok-olok dalam pekerjaan dan selalu berusaha sedemikian rupa hingga keselamatan saya dan rekan kerja terjamin.


SIAPAKAH SAYA ???
SAYA ADALAH SEORANG PEKERJA YANG MEMENTINGKAN KESELAMATAN…
ANDA TERMASUK JUGAKAN ???

dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SIAPA SAYA ?"

Posting Komentar