SELAMAT DATANG ---- UTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ----

Sabtu, 11 Desember 2010

BEKERJA DI RUANG TERBATAS / CONFINED SPACE


Bekerja di Confined Space / ruang terbatas sangatlah berbahaya, hal ini dikarenakan terdapat berbagai hazad yang dapat menyebabkan kecedera dan kematian terhadap pekerja yang melakukan pekerjaan di Confined space, Oleh karena itu bagi pekerja yang akan melakukan pekerjaan ditempat tersebut harus mendapatkan Ijin Kerja Berbahaya dari Safety dept. dan  sepengetahuan atasan.

Berikut Langkah – langkah  yang perlu diperhatikan dan dilakukan saat pekerja malakuakan aktifitas di ruang terbatas.

  1. Sebelum melakukan pekerjaan  didalam ruang terbatas harus memeriksa area kerja disekitar ruang tersebut.

  1. Mempersiapkan terlebih peralatan dan APD yang akan digunakan seperti breathing apparatus, Gas tester, safety line, masker, sarung tangan, tangga aluminium, tripot.

  1. Mengeluarkan gas cairan yang ada didalam ruangan tersebut.

  1. Sebelum orang memasuki ruang terbatas maka terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan gas untuk mengetahui kadar oksigen cukup dan tidak terdapat gas berbahaya lain yang dapat membahayakan keselamatan pekerja. Untuk sementara sebelum ada gas tester maka lakukan blowing untuk memasukan udara kedalam ruang tersebut setelah isinya dikeluarkan.

  1. Pelugas yang masuk kedalam ruang terbatas untuk melakukan pekrjaan harus memakai safety line dan peralatan lain yang dibutuhkan demi keselamatan pekerja.
 
  1. Pekerjaan yang dilakukan dalam ruang terbatas harus diawasi secara ketat, minimal harus ada 2 orang yang bekerja dalam ruang terbatas, satu orang yang ada diluar ruangan terbatas untuk memberi pertolongan bila perlu, dan satu orang yang melakukan pekerjaan diruang terbatas. Untuk keluar masuk orang dalam ruang terbatas harus dengan pengawasan.

Juga yang perlu anda  ketahui
1.     Mengetahui bahaya dan risiko yang mungkin timbul selama bekerja di ruang terbatas.
2.    Memahami Peraturan / ketentuan dan panduan bekerja di ruang terbatas.
3.    Mengetahui pelaksaan cara – cara kerja kerja yang selamat di ruang terbatas

Patuhilah Selalu Ketentuan Bekerja sesuai dengan Intruksi Kerja ditempat Anda, Agar anda terhindar dari Cedera

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar