PEDOMAN MENGEMUDI DENGAN AMAN

Dalam safety talk kali ini kita akan membahas antara hubungan manusia dengan kendaraan guna pencegahan kecelakaan lalu-lintas . Definisi pengemudi ialah : Orang yang mengatur jalannya kendaraan atau yang menyuruh orang lain mengaturnya langsung di bawah pengawasannya .

Perusahaan memberikan tanggung jawab atau melokasikan kendaraan kepada anda sehubungan dengan pekerjaan yang dibebankan kepada anda. Oleh karena itu adalah menjadi tanggung jawab anda untuk merawat kendaraan supaya dapat beroperasi dengan baik dan aman. Kendaraan bermotor bila tidak dirawat dengan baik, akan lekas tua dan rusak. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus tanpa diambil tindakan pencegahan atau perbaikan maka akan semakin parah lagi. Jika kerusakan sudah parah dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan disamping itu, maka ongkos perbaikan akan semakin mahal /tinggi.

Untuk selalu menjaga agar kendaraan tetap baik dan safe, bukan berarti anda supaya menjadi ahli teknik, tetapi mengetahui mengenai kendaraan akan dapat membantu mencegah terjadinya kecelakaan dan  bertambah parahnya kerusakkan kendaraan tersebut.

Menurut penyelidikan bahwa kerusakan kendaraan itu bukan karena hanya disebabkan oleh kecelakaan saja, tetapi juga akibat kurangnya perawatan dari pengemudi atau pemakai .

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi setiap pengemudi kendaraan antara lain :

1.                  Bahan Bakar.
Bahan bakar harus tetap terisi  jangan sampai kosong terutama  pada kendaraan yang memakai solar, hal ini sangat menyulitkan untuk menghidupkan kembali, walaupun tangki telah diisi penuh.

2.                  Air Pendingin.
Untuk mencegah kendaraan karena temperatur yang tinggi maka diperlukan air pendingin. Hal yang perlu selalu diingat untuk mengisi air radiator yaitu jangan masukkan air kotor dalam radiator guna mencegah endapan lumpur sehingga mengurangi perpindahan panas. Gunakan air yang bersih .

3.                  Battery
Battery digunakan untuk menghidupkan kendaraan pertama kalinya. Jika battery tidak baik maka anda akan mendapatkan kesulitan dalam menghidupkan mesin kendaraan anda. Jagalah agar air battery selalu tetap berisi dan juga kepala battery jangan kotor karena hal ini dapat menghalangi arus listrik yang mengalir.


4.                  Minyak Pelumas
Periksalah minyak pelumas setiap pagi sebelum menghidupkan mesin, jangan sampai kurang dan jangan terlampau penuh (lihat pada tongkat penunjuk) karena minyak pelumas yang terlalu penuh atau kurang akan mengakibatkan efek yang kurang baik bagi kendaraan .

5.                  Ban.
Periksalah tekanan ban menurut ukuran yang telah ditentukan oleh pabrik pembuat kendaraan itu sendiri, karena ban yang terlalu keras akan menimbulkan getaran yang kuat.

6.                  Rem .
Rem dibuat bertujuan agar kendaraan dapat berhenti kapan saja jika diinginkan .Bila ini macet anda akan mengalami keadaan yang gawat. Mungkin saja pada saat anda mengemudikan ada anak-anak yang sedang bermain di jalanan dan apabila kendaraan anda tidak mempunyai rem yang baik maka dapat dibayangkan apa yang akan terjadi. Oleh karena itu periksalah dan cobalah rem setiap kali anda akan mengemudikan kendaraan .

7.                  Lampu Penunjuk Arah.
Bila di jalan raya hanya kendaraan anda yang berjalan mungkin alat ini tidak berfungsi. Orang lain tidak tahu kemana arah kendaraan yang anda kemudikan. Untuk itu setiap kendaraan harus mempunyai lampu penunjuk arah untuk memberi tanda kemana anda akan membelokkan kendaraan anda. Jangan memberi tanda tersebut secara tiba-tiba karena hal ini akan mudah mengundang terjadinya kecelakaan .

8.                  Kebersihan .
Kebersihan kendaraan sangat penting, karena disamping menambah enak dipandang juga nyaman digunakan. Perlu diingatkan dalam membersihkan kendaraan jangan lupa kaca belakang, depan, kaca spion dan lain-lain .

CEGAHLAH TERJADINYA KECELAKAAN, INGAT MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI !

dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PEDOMAN MENGEMUDI DENGAN AMAN"

Posting Komentar