POLUSI DI DAERAH PERKANTORAN


Asumsi bahwa bekerja di dalam ruag ber- AC lebih nyaman daripada di tempat lain tidak selamanya benar. Oleh karena itu jangan heran bila ruangan yang bersih bisa menimbulkan penyakit atau gangguan paru-paru. Dan penyebabnya bukan berasal dari limbah gas industri tapi berasal dan mesin photocopy.

Berikut disampaikan 2 sumber polusi udara di kantor antara lain:

1.      AC dan Merokok

Dewasa ini, hamper setiap kantor/ruang kerja dilengkapi dengan AC dengan suhu antara 20º – 26º C. Pada suhu tersebut diharapkan badan tidak cepat lelah bahkan terasa lebih nyaman sepanjang hari. Inilah salah satu keuntungan dari ruang kerja yang memakai AC.

Keuntungan ini dapat dipertahankan bila didukung oleh sirkulasi udara dalam ruangan ber-AC yang baik. Jika tidak maka ruangan akan mudah berbau apek dan ini membuat ruangan tidak nyaman juga akan membuat mata dan hidung perih serta tenggorokan bisa tersumbat. Bahkan hal ini berbahaya bagi pemakai softlens sebab softlensnya bisa kering.

Telah banyak diketahui bahwa merokok di dalam ruangan ber-AC sangat membahayakan kesehatan teruatam paru-paru kita. Gas Carbon Monoksida yang terdapat dalam asap rokok dapat menimbulkan atau membangkitkan penyakit paru-paru yang ada seperti bronchitis, asma bronchiale dan beberapa penyakit lain.

Gas CO merupakan ancaman bagi penderita jantung coroner. Celakanya bukan hanya perokok saja yang tercemar kesehatannya tetapi juga para perokok pasif yang ada disekitarnya juga terkena dampaknya.

2.      Mesin Photo Copy

Selain AC dan Merokok, maka sumber polusi udara dikantor yang lain adalah Mesin 
Photo Copy yang merupakan salah satu perlengkapa kantor yang tidak asing lagi. Penempatan mesin photo copy di ruang tertentu yang memiliki ventilasi yang cukup sangat dianjurkan. Namun dibeberapa tempat pelayanan photocopy disediakan ruangan ber AC dengan tujuan agar pengunjung merasa lebih nyaman. Padahal mesin photo copy mengeluarkan asap karbon monoksida dan oksida dimana keduanya membahayakan kesehatan. Keadaan tersebutb akan menjadi lebih buruk bila sirkulasi udaranya tidak baik.
 
Untuk mengurangi gangguan akibat polusi udara di kantor maka berikut disampaikan beberapa tips antara lain:
1.      Buatkan system sirkulasi udara yang baik
2.      Dilarang merokok di ruangan ber AC dan merokoklah ditempat-tempat yang telah disediakan
3.      Sesekali keluar dari ruangan kantor untuk menghirup udara segar
4.      Tempatkan mesin photocopy pada tempat khusus dengan system sirkulasi udara yang baik.
5.      Petugas photocopy dianjurkan untuk memakai masker
6.      Jendela ruang photo copy sebaiknya dibiarkan terbuka sehingga sirkulasi udaranya menjadi lancar

Merokok dalam ruang ber-AC serta penempatan mesin photo copy yang tidak tepat dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Kepedulian kita terhadap diri sendiri dan orang lain di sekitar kita adalah cermin pribadi yang bertanggungjawab terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain. 

Pemanfaatan teknologi yang salah dapat 
mengakibatkan dampak buruk terhadap kesehatan
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "POLUSI DI DAERAH PERKANTORAN"

Posting Komentar