Dia Bukan Superman

Sepertinya perusahaan ini menganggap para pekerjanya seperti superman.


Itulah kenyataan yang terjadi di sebuah perusahaan konstruksi atap di California, Amerika Serikat. Entah karena menganggap para pekerjanya memiliki kekuatan bisa terbang seperti superman, atau entah alasan apapun, perusahaan tersebut membiarkan para pekerjanya bekerja di ketinggian 5-6 meter untuk mengerjakan pekerjaan pemasangan atap tanpa dilengkapi Alat Pelindng Diri (APD) seperti Full Body Harness dan Safety Lines.


Beberapa kecelakan terjadi pada para pekerja yang sering bekerja di ketinggian itu. 11 Mei 2006, seorang pekerja tewas ketika sedang bekerja pada ketinggian 6,4 meter tanpa APD. 4 bulan kemudian pada tanggal 21 Septmber 2006, seorang pekerja terjatuh hingga mengalami trauma pada kepalanya, ketika sedang bekerja pada ketinggian 5,7 meter , lagi lagi tanpa APD.

Pemilik dan manager perusahaan konstruksi atap tersebut harus menanggung akibat melanggar undang undang California yang mengharuskan memakai APD dan sarana pengaman saat bekerja di ketinggian 5-6 meter. Sang pemilik didenda sebesar 248.000 US Dolar. Yang paling menggenaskan, keduanya harus meringkuk dibalik jeruji besi.

Para rekan kerja kita yang bekerja di ketinggian bukan Superman yang bisa terbang dari ketinggian. Segera ingatkan mereka untuk bekerja di ketinggian dengan aman dengan mengikuti beberap tips berikut ini:

• Gunakan Full Body Harness & Safety Line
• Dapatkan surat izin kerja sebelum mulai bekerja
• Pasang Jaring Pengaman dibawah lokasi pekerjaan
• Pastikan Keamanan Lantai kerja
• Gunakan penerangan yang cukup

Semoga kita dan seluruh rekan kerja kita selalau berperilaku aman dan selamat dalam bekerja.

sumber : http://www.lorco.co.id/workingatheight.html
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dia Bukan Superman"

Posting Komentar