Waspada Terhadap Kegiatan Peledakan di Lokasi Tambang

Seperti kita ketahui bersama perusahaan kita ini merupakan salahsatu perusahaan yang bergerak dalam pertambangan batubara di Indonesia.  Dalam kegiatan untuk memproduksi  batubara tersebut harus dilakukan kegiatan pembukaan lapisan batuan penutup overburden ( OB ) terlebih dahulu  . Sebagian  besar OB yang ada merupakan batuan yang keras sehingga tidak bisa langsung dibongkar memakai alat berat saja namun membutuhkan suatu proses yang dinamakan peledakan ( blasting ).

Peledakan dalam kegiatan pertambangan merupakan bagian proses yang krusial baik dari bahan/material ataupun proses kegiatannya.

Dari material, bahan peledak (handak ) termasuk barang yang berbahaya sehingga dalam penanganannya mempunyai prosedur penanganan yang sangat ketat dan juga melibatkan pihak kepolisian.

Seperti kita ketahui bersama beberapa kejadian kriminal di negara kita sebagian juga menggunakan bahan peledak seperti peristiwa Bom Bali 1dan 2 dan sebagainya. Atau kegiatan nelayan  secara ilegal  dengan mencari ikan yang memakai bom ,dimana tentu saja dapat berakibat buruk terhadap kondisi lingkungan ( terumbu karang ).

Mengingat bahaya yang ada,  kegiatan peledakan juga harus memenuhi berbagai syarat seperti :
Juru ledak harus punya KIM ( Kartu Ijin Meledakkan ), dilakukan di siang hari serta jauh dari pemukiman , dan lain-lain

Rata–rata kegiatan peledakan di tempat kita hampir dilaksanakan tiap hari secara bergantian di tiap-tiap pit yang ada. Sebagai karyawan di perusahaan ini yang mungkin suatu saat akan ada kepentingan untuk memasuki tambang, maka kita perlu tahu hal-hal yang harus kita lakukan apabila memasuki daerah tambang dimana di lokasi tersebut akan dilakukan kegiatan peledakan.

Pada kesempatan ini akan kita uraikan mengenai mengenai hal-hal tersebut :

  1. Sebelum memasuki suatu Pit ( area tambang ) sempatkan diri kita untuk membaca jadwal peledakan di jalan masuk ke Pit tersebut . Biasannya dalam bentuk jam analog.
2.      Pastikan chanel radio yang kita gunakan adalah channel yg ditentukan di area tersebut .
Agar segala komunikasi  yang sedang terjadi dapat kita monitor.
Rambu channel radio biasanya juga terpampang besar dijalan masuk suatu Pit.
( Apabila radio kita belum tersetting hubungi Departemen IT ).
3.   Perhatikan lingkungan seputar pit kalau banyak alat yang standby atau travel      
      evakuasi maka itu salahsatu tanda akan ada kegiatan peledakan.
  1. Apabila masih kurang yakin maka hubungi penanggungjawab Pit ( Group Leader) untuk meminta informasi mengenai jadwal       peledakan  di pit tersebut.
  2. Ketika akan dilaksanakan kegiatan peledakan maka akan ada orang/mobil yang 
      memblokir  akses jalan masuk ke pit tersebut, pastikan anda jangan menerobos /
      memaksakan diri untuk masuk ke pit tersebut.
  1. Bila ada sirine terdengar maka hal tersebut juga merupakn sinyal akan adanya
kegiatan peledakan, maka pastikan jarak kita aman.      ( standar di tempat kita diatur radius jarak aman untuk alat 300 m sedang untuk manusia 500 m ).

Demikian beberapa tips aman untuk mengantisipasi kegiatan peledakan. Mudah-mudahan bisa menghindarkan kita dari kecelakaan akibat terkena imbas peledakan yang mungkin terjadi akibat ketidaktahuan kita atau kurang pedulinya kita akan hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi kegiatan peledakan tersebut.

Waspada terhadap bahaya peledakan Cermin peduli keselamatan diri
dan

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Waspada Terhadap Kegiatan Peledakan di Lokasi Tambang"

  1. artikel yang sangat bermanfaat dan berguna
    www.sepatusafetyonline.com

    BalasHapus
  2. Adakah dampak bagi lingkungan sekitar

    BalasHapus