SELAMAT DATANG ---- UTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ----

Minggu, 09 Januari 2011

Mencegah Kecelakaan Lalu Lintas Di Jalan Angkut Batu Bara


 

Kecelakaan lalu lintas di jalan tambang baik di jalan angkut batu bara maupun jalan-jalan lain di dalam wilayah kerja perusahaan kita masih sering terjadi. Hal ini dapat sebagai salah satu konsekuensi dari meningkatnya kegiatan dan bertambahnya unit transportasi. Peningkatan kegiatan dan bertambahnya unit transportasi adalah hal yang tidak dapat kita hindari seiring dengan peningkatan produksi.


Untuk menghindari kecelakaan lalu lintas sebagai akibat peningkatan aktifitas dan bertambahnya unit transportasi maka perusahaan berkewajiban membuat peraturan dan prosedur untuk mengatur cara mengemudi yang baik dan benar. Melalui Safety Dept, perusahaan kita mengeluarkan peraturan dan prosedur yang harus ditaati oleh setiap pengemudi dan pengguna jalan untuk menghindari terjadinya kecelakaan. Prosedur atau peraturan yang dibuat berdasarkan identifikasi terhadap bahaya dan resiko yang ada di jalan dan pada saat mengemudi sehingga diharapkan potensi bahaya yang ada tidak mendatangkan kecelakaan.

Namun demikian, kecelakaan masih saja terjadi dimana terdapat kecelakaan lalulintas yang menimpa teman kita. Pada kesempatan ini kita tidak bermaksud membahas kecelakaan tersebut satu per satu namun yang ingin disampaikan adalah tindakan/kondisi yang menyebabkan kecelakaan tsb bisa terjadi.


Dari beberapa jenis kecelakaan lalintas yang terjadi, maka secara umum penyebabnya dapat disimpulkan sbb:

  1. Penyebab langsung

    1. Kondisi Tidak Aman
·         Keadaan jalan licin
·         Jalan bergelombang dengan tikunga tajam
·         Cuaca berkabut
·         Kondisi mobil yang tidak layak jalan
    1. Tindakan Tidak Aman
·         Mengemudi dalam kondisi tidak fit (sakit dan lelah)
·         Pengemudi ngantuk
·         Pengemudi dalam pengaruh obat
·         Mengemudi dengan kecepatan tinggi
·         Pengemudi tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan peraturan lalu lintas lainnya

  1. Penyebab tidak langsung

    1. Faktor individu
·         Pendidikan, ekonomi, budaya yang kurang mendukung

    1. Faktor individu
·         Kurangnya pelatihan
·         Adanya beban kerja yang berlebihan
·         Penempatan tenaga kerja yang tidak sesuai dengan keahliannya

Setelah kita mengetahui beberapa penyebab kecelakaan sebagaimana yang dimaksud di atas, maka berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kecelakaan:
  1. Kemudikan kendaraan sesuai kecepatan yang sudah ditentukan
  2. Jangan mengemudikan kendaraan bila anda merasa kondisi badan tidak fit seperti lelah atau sakit
  3. Segera berhentikan kendaraan bila anda merasa kantuk saat mengemudi mobil. Keluar sejenak dari mobil, hirup udara bebas (bila perlu cuci muka) dan kalau masih kantuk maka parkirlah kendaraan ditempat yang aman dan tidurlah sejenak.
  4. Patuhi semua rambu lalu lintas yang terpasang di sepanjang jalan
  5. Jangan mengemudikan kendaraan bila anda tidak memiliki SIMPER (Surat Ijin Mengemudi Perusahaan) sebab anda tidak diberikan ijin untuk mengemudi.
  6. Aturlah emosi anda pada saat mengemudi. Jangan mudah terpancing oleh tindakan pengemudi lain atau orang lain saat mengemudi sebab dapat memicu anda melakukan tindakan tidak aman.  
  7. Jangan mengemudikan mobil yang sudah tidak layak pakai (periksa rem, ban, stir dll)
  8. Jangan mengemudikan kendaraan apabila anda masih dalam pengaruh alcohol atau obat terlarang lainnya
  9. Hindari juga mengemudi dengan sering menyetel volume , memindah-mindah posisi frekwensi siaran radio, tape, membaca Koran atau majalah, mencari korek api, rokok, menyalakan rokok, merias wajah, menunduk mengambil botol minuman, makanan , biskuit , menulis , sms, menelepon dengan HP  dan lain-lain yang mana semua itu dapat mengurangi konsentrasi dalam mengemudi.

Dengan melakukan beberap tips di atas dan mengikuti peraturan lalu lintas  kita dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas. 


Pengalaman Adalah Guru Yang Terbaik, Tetapi Belajar Dari Pengalaman Orang Lain Adalah Jauh Lebih Bijaksana Sehingga Kita Tidak Menjadi Korban Kecelakaan Lalu Lintas Berikutnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar