GANGGUAN TIDUR



Tidur merupakan bentuk perilaku normal dan sangat dibutuhkan oleh manusia.

Mengapa seseorang harus tidur ?

  1. Tidur merupakan mekanisme penyesuaian dan perlindungan.
  2. Tidur merupakan periode istirahat.
  3. Tidur merupakan salah satu kebutuhan yang paling mendasar bagi manusia.

Pada saat tidur terjadi penurunan suhu tubuh, penurunan metabolisme, berkurangnya reaksi tubuh terhadap lingkungan. Tidur juga merupakan proses penyimpanan energi, sehingga bagi yang mengalami susah tidur akan menunjukkan keletihan dipagi hari.

Bagi orang dewasa kebutuhan tidur adalah 6 -8 jam sehari dengan kebutuhan minimal adalah 4 – 5 jam. Selain lamanya waktu tidur, juga dibutuhkan kwalitas tidur yang baik. Tidur sehat adalah suatu keadaan tidru yang cukup dan lelap dan hal ini dapat dilihat dari rasa puas dan segar setelah bangun tidur, tidak cepat lelah dan dapat bekrja dengan baik.
Salah satu gangguan tidur adalah insomnia. Insomnia merupakan gangguan tidur yang berupa sulit untuk masuk tidur dan mempertahankan tidur serta dapat menimbulkan rasa kurang istirahat dan kurang segar di pagi hari.

Akibat Insomnia bermacam-macam, mulai dari leluhan mengantuk disiang hari, rasa melayang, linu-linu dan nyeri otot, sakit kepala, mudah tersinggung dan marah, gangguan konsentrasi, yang mana dapat tercipta suatu keadaan pada diri yang berlangsung dapat berakibat pada kecelakaan kerja trutama pada pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian / kewaspadaan yang tinggi, bekerja dengan alat-alat / mesin-mesin bergerak, tempat yang tinggi dan mengendarai kendaraan.

Kesimpulan

Ganguan tidur bermanifestasi dalam bentukdua keluhan yaitu sulit tidur dan sulit mempertahankan tidur. Dampak negatif insomnia terlihat bahwa gangguan ini merupakan problema kesehatan yang perlu mendapat perhatian karena akan berdampak negatif pula pada masalah kesehatan.

Saran         

Untuk mendapatkan tidur cukup serta menghindar dari insomnia beberapa hal di sarankan :

  1. Memperbaiki pola tidur dengan cara yang benar.
  2. Melakukan aktifitas sehari-hari dengan releks.
  3. Olahraga teratur dan sesuai dengan kemampuan tubuh.
  4. Berdoa sebelum tidur.
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GANGGUAN TIDUR"

Posting Komentar