Pentingnya Material Safety Data Sheet ( MSDS )




Dunia pertambangan menjadi salah satu jenis pekerjaan yang memiliki risiko tinggi terhadap kecelakaan. Kecelakaan tersebut dapat berupa terjatuh, tetindih, tertabrak, kebakaran, kebakaran, terkena bahan kimia, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang mungkin sering terlupakan adalah zat kimia, karena penggunaannya di pertambangan hanya pada section tertentu saja, seperti di unit blasting dan laboratorium, dll. Penggunaan bahan kimia secara intensif, berarti memiliki bahaya yang tinggi juga, sehingga perlu dilakukan pencegahan sebelum terjadi kecelakaan atau bahaya-bahaya yang lain. 
Untuk mengetahui penggunaan bahan kimia dengan baik, maka perlu mempelajari dan mengerti tentang sifat bahaya yang akan ditimbulkan oleh bahan kimia tersebut, dengan mempelajari material safety data sheet (MSDS). Pada umumnya di dalam MSDS terdapat informasi-informasi yang terkait dengan bahan kimia tersebut. Suatu bahan kimia dapat memiliki sifat yang berbeda, hal tersebut disebabkan karena lembaga yang mengeluarkan MSDS tersebut berbeda. Tetapi pada umumnya perbedaan yang ada relatif sedikit dan tidak jauh berbeda. Secara umum sifat-sifat bahan kimia yang terdapat dalam MSDS tersebut terdapat 16 item, mulai dari product and company identification, hazard identification sampai kepada other information.
Sebelum suatu bahan kimia digunakan, maka setiap orang yang terkait dengan pengunaan bahan kimia tersebut, harus mengerti bagaimana cara pengunaan yang baik dan benar terhadap bahan kimia tersebut seperti, bagaimana cara menyimpan, bahaya yang terkandung didalamnya, cara penanganannya jika terjadi emergency, cara pembuangannya dan lain sebagainya. Semua informasi tersebut dapat dilihat dalam MSDS tersebut.
Informasi yang ada di dalam MSDS dapat dijadikan sebagai dasar untuk pembuatan instruksi lisan maupun tertulis kepada para pekerja agar aman dalam menggunakan bahan. MSDS harus disertakan pada setiap tempat penyimpanan bahan yang mudah di jangkau oleh siapa saja yang berhubungan langsung dengan bahan kimia tersebut.

Dengan memahami semua isi yang ada di dalam MSDS, perusahaan akan mendapatkan manfaat tentang bagaimana cara yang aman untuk penanganan bahan, dan dapat melakukan tindakan untuk menghindari kecelakaan di tempat kerja akibat pemakaiannya.

dan

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pentingnya Material Safety Data Sheet ( MSDS )"

  1. Selamat sore,
    Saya Wiwid dari Semarang, saya ingin bertanya:
    Apakah ada syarat-syarat tertente bagi sebuah lembaga untuk dapat mengeluarkan MSDS suatu bahan?

    Terima kasih.

    BalasHapus