SELAMAT DATANG ---- UTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ----

Minggu, 26 September 2010

KECELAKAAN AKIBAT KERJA

PENDAHULUAN
Pada kesempatan safety talk kali ini, kami akan membahas tentang kecelakaan akibat kerja. Kecelakaan–kecelakaan akibat kerja yang sering terjadi banyak disebabkan oleh faktor manusia dan sedikit yang dipengaruhi oleh faktor alat.
Adapun faktor manusia banyak dipengaruhi oleh :

a) Latar belakang pendidikan
b) Psikologis.
c) Ketrampilan d) Fisik


Sedangkan faktor alat sendiri banyak dipengaruhi oleh : Kondisi alat.
Selanjutnya mari kita coba membahas faktor-faktor tersebut satu persatu :
1. FAKTOR MANUSIA
a)Latar belakang pendidikan.
Latar belakang pendidikan banyak mempengaruhi tindakan seseorang dalam bekerja. Orang yang memiliki pendidikan yang lebih tinggi cenderung berpikir lebih panjang atau dalam memandang sesuatu pekerjaan akan melihat dari berbagai segi. Misalnya dari segi keamanan alat atau dari segi keamanan diri. Lain halnya dengan orang yang berpendidikan lebih rendah, cenderung akan berpikir lebih pendek atau bisa dikatakan ceroboh dalam bertindak. Misalnya Ketika kita melakukan pekerjaan yang sangat beresiko terhadap kecelakaan kerja tetapi kita tidak memakai peralatan safety dengan benar. Hal ini yang tentunya dapat menimbulkan kecelakaan.

b.Psikologis
Faktor Psikologis juga sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja. Psikologis seseorang sangat berpengaruh pada konsentrasi dalam melakukan suatu pekerjaan. Bila konsentrasi sudah terganggu maka akan mempengaruhi tindakan-tindakan yang akan dilakukan ketika bekerja. Sehingga kecelakaan kerja sangat mungkin terjadi. Contoh faktor psikologis yang dapat mempengaruhi konsentrasi adalah :
- Masalah-masalah di rumah yang terbawa ke tempat kerja.
- Suasana kerja yang tidak kondusif.
- Adanya pertengkaran dengan teman sekerja.
- Dan lain - lain



c.Faktor Keterampilan
Keterampilan disini bisa diartikan pengalaman seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Misalnya melakukan start / stop pada sebuah peralatan, memakai alat-alat keselamatan, dan ain-lain. Pengalaman sangat dibutuhkan ketika melakukan pekerjaan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang berakibat timbulnya kecelakaan kerja.

d. Faktor Fisik
Lemahnya kondisi fisik seseorang berpengaruh pada menurunnya tingkat konsentrasi dan motivasi dalam bekerja. Sedangkan kita tahu bahwa konsentrasi dan motivasi sangat dibutuhkan ketika bekerja. Bila sudah terganggu, kecelakaan sangat mungkin terjadi. Contoh faktor fisik ini adalah : - Kelelahan dan Menderita Suatu Penyakit.

2. FAKTOR ALAT
Kondisi suatu peralatan baik itu umur maupun kualitas sangat mempengaruhi terjadinya kecelakaan kerja. Alat-alat yang sudah tua kemungkinan rusak itu ada. Apabila alat itu sudah rusak, tentu saja dapat mengakibatkan kecelakaan. Contohnya adalah :
- Unit alat berat yang sudah tua.
- Alat-alat safety yang sudah rusak.
Setelah kita mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan suatu kecelakaan kerja, kita dapat mencegahnya yaitu dengan cara :

A. FAKTOR MANUSIA
- Menyelesaikan masalah-masalah yang ada tanpa harus menundanya.
- Jangan mencampur adukkan masalah di rumah dan di tempat kerja.
- Sering membaca buku-buku pengetahuan agar wawasan kita bertambah.
- Selalu menjaga kebugaran dan kesehatan dengan teratur berolahraga.
- Menambah pengalaman dalam suatu pekerjaan.

B. FAKTOR ALAT
- Melakukan peremajaan pada alat-alat berat yang sudah tua.
- Melakukan kualitas kontrol pada alat-alat yang ada di tempat kerja.

PENUTUP
Demikianlah Safety Talk kali ini kami buat, semoga dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar