ACCIDENT INVESTIGATION / PENYELIDIKAN KECELAKAAN


Kecelakaan bisa menimpa siapa saja, di mana saja dan kapan saja, yang merupakan suatu keadaan / kejadian yang tidak     direncanakan, tidak diingikan dan tidak diduga dari semula yang mempunyai sifat merugikan terhadap manusia (cedera) maupun peralatan 
( kerusakan ).

Suatu kejadian / kecelakaan pasti akan menimbulkan suatu kerugian, untuk menanggulangi kecelakaan serupa terjadi lagi dan meminimalisasi kerugian maka sangat perlu dilakukan penyelidikan kecelakaan untuk mencari penyebab terjadinya kecelakaan dan memberikan rekomendasi tindakan pencegahan.


Tujuan dari dilakukanna penelidikan kecelakaan ini yaitu untuk memperoleh informasi yang akurat tentang apa yang terjadi, dan mengungkap masalah apa seningga kecelakaan itu terjadi yang selanjutnya memberikan rekomendasi kepada pihak perusahaan tentang lankah apa yang benar mampu untuk mencegah kecelakaan serupa atau memperkecil dampak dari kecelakaan tersebut.

Penyelidikan kecelakaan yang dilakukan dengan baik dan sunguh-sungguh dan sebagai mana mestinya artinya tidak dibuat-buat atau ditutup-tutup maka dapat:

1.      Menggambarkan apa yang sebenarnya terjadi
Penyelidikan yang tuntas akan menyingkirkan anggapan yang keliru terhadap kasus kecelakaan dengan demikian dapat memberikan pernyataan yang akurat mengenai apa yang sebenarnya terjadi.

2.      Menentukan apa penyebab kecelakaan yang sesungguhnya.
Penyelidikan yang ala kadarnya tidak akan bermanfaat, Hal ini dikarenakan penyebab dasarnya tidak terungkap, sehingga waktu, tenaga da biaya yang dikeluarkan pada saat pemeriksaaan tidak ada gunanya.

3.      Dapat dipakai untuk menilai tingkat resiko sebenarnya.
Penyelidikan yang baik akan menjawab seberapa sering peluang kecelakaan serupa akan terjadi lagi.

 
4.      Mengembangkan pengendalian.
Penyelidikan yang benar akan menjadikan solusi permasalahan yang ada. Kalau tidak maka akan muncul kembali walau dengan gejala yang berbeda.

5.      Menggambarkan kecenderungan.
Beberapa kecelakaan dan insiden memang sendiri-sendiri, akan tetapi bila laporan itu dianalisis maka akan mudah dikenali kecenderunganya dan akan mudah dilakukan tindakan pencegahannya.

6.      Menunjukan adanya perhatian
Kecelakaan memberikan gambaran adanya bahaya yang mengancam pekerja. Dan apabila mereka melihat adanya tindakan penyelidikan dan pencegahan yang diambil oleh manajemen, maka akan menimbulkan rasa aman dari pekerja.


Siapakah yang harus Melakukan penyelidikan kecelakan ? 
Yang melakukan penyelidikan kecelakaan  yaitu personal safety yang telah ditunjuk, pihak manajemen dan supervisor dari tempat dimana terjadi kecelakaan.

Dihimbau kepada karyawan untuk segera melaporkan semua kejadian yang menyebabkan atau dapat menyebabkan orang cedera, kerusakah alat atau lingkungan harus dengan cepat dilapokan kepada supervisor atau atasannya, agar tindakan perbaikan yang tepat segera dilakukan untuk mencegah kecelakaan atau insiden yang sama terulang kembali.

dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ACCIDENT INVESTIGATION / PENYELIDIKAN KECELAKAAN"

Posting Komentar