Penataan Tempat Kerja




Salah satu aspek yang dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerja adalah penataan tempat kerja. Penataan tempat kerja berarti menyimpan barang dan alat kerja di tempat yang benar dan tepat. Penempatan barang dan alat kerja di tempat yang tepat akan menghemat waktu pengambilan pada saat barang atau alat kerja tsb diperlukan. Bisa dibayangkan apabila penempatan barang atau alat kerja di suatu perusahaan tidak diatur sedemikian rupa, maka berapa banyak waktu yang terbuang untuk mencari barang yang diperlukan.

Dalam penataan tempat kerja, yang sangat diutamakan adalah fungsi dari barang tersebut bagi kegiatan kerja. Jika segala sesuatu disimpan di tempat tertentu demi menjaga mutu dan keamanan tempat kerja bisa dikatakan tempat kerja tersebut tertata dengan rapi.
  
Untuk dapat melakukan penataan tempat kerja, mulailah dari memilih barang yang seharusnya disimpan, seperti yang sudah dilakukan dalam kegiatan Sisih (5 S) yaitu : 

  • Barang yang sering dipergunakan minimal sekali seminggu, simpan di dekat tempat kerja. 
  • Barang yang dipergunakan lebih dari sekali dalam sebulan, simpan disuatu tempat di area kerja. 
  • Barang yang dipergunakan sekali dalam setahun terakhir, simpan di tempat lain. 
  • Barang yang sama sekali tidak dipergunakan untuk mendukung kegiatan kerja, dibuang. (Dibuang bukan berarti langsung jadi sampah tetapi dilihat apakah barang tsb masih bisa dipakai oleh bagian lain di tempat lain, atau bisa dijual atau menjadi sampah)

Setelah diketahui jumlah barang yang harus disimpan di tempat kerja; langkah selanjutnya adalah : 
  • Penentuan tempat penyimpanan 
  • Pengaturan tempat penyimpanan 
  • Patuhi aturan penyimpanan.

Penentuan Tempat Penyimpanan


Hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat penyimpanan adalah, kesesuaian dengan tempat kerja dan pola penyimpanan. Tanpa ada pola yang ditentukan berarti melakukan pemborosan waktu untuk pencarian barang bila diperlukan.

Pengaturan Tempat Penyimpanan


Langkah selanjutnya adalah menentukan bagaimana barang akan ditata di tempat tersebut. Hal yang penting adalah barang yang disimpan harus dapat segera mungkin diketahui tempatnya dan diambil bila diperlukan. Untuk lebih mempermudah dalam pencarian barang, tandailah tempat penyimpanan.

 

Patuhi Aturan Penyimpanan

Setiap barang yang diambil dari tempat penyimpanan, harus dikembalikan ketempat tersebut segera setelah selesai digunakan.
Langkah tersebut akan membuat tempat kerja menjadi tertata rapi, yang berarti menghemat pemakaian waktu yang digunakan untuk mencari barang.
  
Penempatan barang dan alat kerja dengan benar dapat mengurangi kemungkinan kecelakaan seperti terantuk, terjatuh, kejatuhan barang atau alat kerja dll
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penataan Tempat Kerja"

Posting Komentar