Tujuan Penyelidikan Kecelakaan

Anda adalah seorang pengawas keselamatan kerja, dan mungkin pernah dalam hati anda timbul pertanyaan untuk apa harus selalu rutin melakukan inspeksi terhadap segala kondisi yang membahayakan, serta harus selalu melakukan penyelidikan yang rumit hanya untuk mencari penyebab suatu kecelakaan ? Apakah mungkin ini hanya untuk satu tujuan dangkal, yaitu agar nanti dapat dengan mudah lepas tangan kalau terjadi kecelakaan sebab kecelakaan dapat terjadi dimana saja dan dapat menimpa siapa saja dan yang penting anda sudah melakukan tugas anda dengan baik ? Tidak, jawaban di atas sama sekali salah. 

Tujuan utama pelaksanaan penyelidikan suatu kecelakaan adalah MENCEGAH TERJADINYA SUATU KECELAKAAN YANG SAMA DIKEMUDIAN HARI. Dari aspek manapun kecelakaan sangat merugikan perusahaan maupun pekerja. Untuk itu maka pengawas diberi tugas penyelidikan dan tugas ini harus dapat dipertanggung jawabkan secara administrasi maupun secara naluri kemanusiaan.

Memang kita harus akui, bahwa dengan berakhirnya suatu penyelidikan penyebab suatu kecelakaan bukan berarti kecelakaan itu sudah dapat dihentikan, tetapi dengan melakukan suatu penyelidikan yang baik dapat membantu untuk menghindarkan kemungkinan kecelakaan yang sama terjadi lagi.
Sekarang kita coba menganalisa contoh sederhana berikut ini. Seorang pekerja kehilangan keseimbangannya dan jatuh dari sebuah tangga. Apa saja yang perlu diketahui ? Pertama, adalah apa yang membuat si korban kehilangan keseimbangannya ? Apakah ia mempergunakan tangga yang tidak baik, dan kalau benar demikian mengapa dia mempergunakannya, atau apakah mungkin tangga itu tiba-tiba menjadi tidak baik,atau tangga itu sudah usang. Kalau demikian adakah hal tersebut sudah pernah dilaporkan. Apakah si korban dalam memilih dan menggunakan tangga tersebut sesuai dengan petunjuk yang ada ? Apakah dia sudah mengikat ujung atas tangga tersebut dengan tali, dan apakah jenis kaki tangga yang digunakan sesuai dengan lantai, serta bagaimana kemiringan tangga waktu disandarkan ke dinding ? Apakah si korban melakukan tindakan tidak aman (Unsafe Act), atau mungkin dia sedang mengangkat suatu barang berat di tangannya atau dia mencoba menjangkau sesuatu sehingga kehilangan keseimbangannya ?

Demikianlah beberapa pertanyaan yang bersifat umum yang harus mendapat jawaban dengan baik, sebab penyelidikan kecelakaan itu nyata, terpadu dan menyeluruh; artinya kalau kita celaka, hal ini sama saja tidak mengetahui apa-apa. Jadi kita harus menyelidiki secara menyeluruh dan tuntas segala hal yang berhubungan dengan apa yang menjadi sumber/penyebab kecelakaan tersebut, sebab bisa saja hasil pemeriksaan suatu kecelakaan tertentu akan memberikan ide untuk tindakan pengamanan bagian lain di mana sifat bahaya yang ditimbulkan sama.

Berikut ini adalah beberapa tujuan penyelidikan kecelakaan :
1. Mencari penyebab langsung dari kecelakaan
2. Mencari penyebab dasar dari kecelakaan
3. Mencegah terulangnya kecelakaan yang sama dikemudian hari
4. Memberikan rekomendasi perbaikan
5. Mengembangkan kontrol yang sudah ada

Ingatlah sekali lagi bahwa kita melakukan pengawasan dan penyelidikan kecelakaan dengan baik dan seksama, bukanlah merupakan suatu persiapan untuk alasan melepaskan tanggung jawab dari tangan kita atau dalam hal ini hanya menyalakan si korban, tetapi adalah untuk satu tujuan yaitu AGAR KITA TIDAK TERPEROSOK LAGI DI LUBANG YANG SAMA.
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan Penyelidikan Kecelakaan"

Posting Komentar