Safety Shoes Memang Perlu, Tapi Bukan Merupakan Jaminan Dalam Melingungi Kaki Anda



Kaki anda adalah harta yang tidak ternilai harganya. Ia mengatur keseimbangan mekanis  dari pada badan anda. Tanpa jari kaki yang lengkap jumlahnya, anda akan susah untuk berjalan atau berdiri.

Dan anda harus ingat bahwa …… ANDA HANYA MEMPUNYAI 10 ( SEPULUH ) JARI KAKI.
Jika salah satu hilang atau terluka, maka tidak akan ada jari cadangan yang tersedia untuk menggantikannya.

Telah bertahun-tahun, safety shoes membuktikan kemampuan untuk melindungi kecelakaan pada jari kaki dan telah meyakinkan kita bahwa safety shoes dapat meniadakan luka akibat kecelakaan.

Yang harus diingat adalah bahwa safety shoes dapat mencegah atau mengurangi luka pada jari kaki, dan bukan untuk menhentikan kecelakaan-kecelakaan yang menyebabkan luka-luka demikian. Artinya bahwa apabila terjadi kecelakaan pada kaki anda dan anda memakai Safety Shoes maka luka /cedera akibat kecelakaan tersebut pada kaki atau jari kaki anda tidak separah dengan orang yang tidak memakai Safety Shoes atau bahkan kaki / jari kaki anda tidak terluka karena terlindungi oleh Safety Shoes. 

Dibawah ini disampaikan beberapa contoh kasus :

1.      Roll penggerak ( pulley ) dari V-belt yang bergaris tengah 10 cm, tebal 15 cm dan beratnya 185 Kg terbalik ketika seorang pekerja memutarnya. Sebelum pekerja tersebut dapat mengusainya, roll penggerak tersebut menimpah kakinya. Safety shoes mungkin dapat mencegah kehilangan jari kaki, tetapi tulang ibu jarinya hancur

2.      Dua orang pekerja mencoba mengangkat roll baja seberat 500 Kg ke atas truck. Roll baja tersebut terlepas dan menggelinding lalu menjepit kaki salah satu pekerja. Akibatnya kaki remuk dan tulang tumitnya hancur.

Dalam masing-masing kasus tersebut diatas, sebenarnya sudah ada tata cara kerja yang benar, tetapi pekerja tersebut tidak menurutinya. Jadi, walaupun sudah memakai safety shoes, tetapi tanpa menuruti tata cara kerja yang benar, maka safety shoes tidak banyak membantu.

Rencanakan dahulu jika menangani suatu benda yang berat, sehingga safety shoes anda tidak harus membantu sebagai alat pelindung diri jika sesuatunya lepas dari kehendak anda.

Banyak hal yang anda lakukan untuk mengurangi terlukanya  kaki, terutama, AGAR SETIAP ORANG MEMAKAI SAFETY SHOES. Namun apabila benda-benda berat ditangani dengan baik, safety shoes menjadi hal kedua untuk melindungi kaki anda

Berikut ini beberapa petunjuk yang perlu diikuti dalam menangani benda-benda untuk melindungi kaki:

1.      Aturlah, agar benda-benda tidak akan jatuh dari suatu timbunan atau truck.
      Material dalam jumlah besar harus ditimbun sedemikian rupa sehingga kokoh.
2.      Ikuti instruksi-instruksi yang diberikan kepada anda dalam hal mengeluarkan barang-barang dari tumpukannya.
3.      Jika tumpukan barang tersebut akan mulai meluncur, jangan mencoba untuk menahannya dengan kaki anda.
4.      Apabila suatu tumpukan yang tinggi harus disandarkan ke dinding, buatlah sedemikian rupa sehingga tumpukan tersebut dihambat untuk terguling.
5.      Jangan mencoba mengangkat beban berat secara manual. Lakukan dengan alat bantu angkat

Melindungi kaki, seperti dalam soal safety lainnya, adalah suatu masalah yang berdasarkan atas akal sehat. Anda mempunyai pengetahuan untuk mengurangi kecelakaan-kecelakaan dan luka-luka. Anda tahu bagaimana benda-benda seyogyanya disusun. Anda tahu bagaimana seharusnya menangani benda-benda yang terbuat dari logam. Dan, anda mempunyai keinginan untuk melindungi diri sendiri dari kecelakaan-kecelakaan yang mungkin terjadi meskipun anda telah berbuat yang anda dapat lakukan untuk mencegah kecelakaan-kecelakaan tersebut

“ INGAT  ………….. ANDA HANYA DIBERI SEPASANG KAKI ,  TANPA CADANGAN.  PAKAILAH SAFETY SHOES DAN IKUTI TATA CARA KERJA YANG BENAR “
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Safety Shoes Memang Perlu, Tapi Bukan Merupakan Jaminan Dalam Melingungi Kaki Anda"

Posting Komentar