SELAMAT DATANG ---- UTAMAKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA ----

Selasa, 26 Oktober 2010

Jangan Meremehkan Alat Pelindung Mata



Bila anda pernah mengalami luka di mata, maka anda tidak akan heran akan begitu kerasnya aturan akan perlindungan dan keselamatan mata. Kadang – kadang terlihat seperti timbul banyak masalah saat kita memakai alat pelindung mata.
Namun hal ini dapat melingdungi anda dari kebutaan. Pengobatan yang tepat terhadap luka dimata dapat  mengurangi adanya cacat mata tetap.
Mata anda sangat potensial untuk terkena bahaya pada saat anda bekerja. Mata anda dapat terluka oleh partikel yang terbang dari mesin yang sedang beroperasi seperti kepingan logam atau kayu, atau debu.
Pembakaran atau bahan-bahan yang mengandung racun dari bahan-bahan kimia juga membahayakan mata anda. Zat asam korosive atau zat alkalis, serta cairan pelarut juga dapat menimbulkan sakit dan luka untuk waktu yang lama.

Bahaya mata yang lain adalah radiasi pembakaran. Cahaya pada saat pengelasan salah satu contohnya. Gelombang industri mikro dan laser juga type lain dari bahaya radiasi.
Bahaya-bahaya seperti ini dan bahaya lainnya menuntut anda untuk selalu memakai alat pelindung mata pada saat bekerja.

Langkah pertama yang  perlu dilakukan adalah mimilih jenis kaca mata yang tepat  untuk  jenis bahaya yang ada ditempat kerja anda. Untuk hal ini maka supervisor anda akan menjelaskan jenis kaca mata apa yang harus anda pakai saat bekerja dan dalam keadaan apa anda harus menyimpannya.

Berikut contoh-contoh alat pelindung mata:

1.      Safety Glasses
      Adalah kaca mata keselamatan. Kacamata ini kelihatannya hampir sama dengan kacamata biasa, namun terbuat dari bahan yang tahan tehadap tubrukan sehingga melindungi mata dari adanya benda yang terbang mengenai mata. Jenis kacamata ini juga sering di pakai bersama-sama dengan alat pelindung muka samping kiri kanan.

2.      Goggles
      Atau kacamata debu. Jenis kacamata ini melindungi mata dari adanya percikan cairan-cairan kimia atau dari tubrukan benda-benda yang terbang yang bisa merusak mata. Pastikan bahwa anda memakai jenis kacamata yang sesuai dengan jenis pekerjaan anda sebab untuk jenis kacamata ini banyak disesuaikan dengan tingkat perlindungan yang diberikan.

3.      Shaded Eyewear
      Adalah sejenis kaca mata gelap atau bayangan. Kacamata ini melindungi mata dari radiasi pembakaran. Disamping itu diperlukan kacamata keselamatan untuk pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di ruang atau lapangan terbuka. Helm tukang las memiliki kaca pelindung gelap / bayangan dan bagi siapa saja yang bekerja didekat tempat pengelasan harus memakai shaded glasses ( kacamata gelap) utuk melindungi mata dari radiasi pembakaran.

4.      Face shields dan Head Coverings
      Adalah alat pelindung muka dan penutup kepala. Untuk jenis pekerjaan tertentu diperlukan adanya penutup muka dan kepala selain alat pelindung mata yang diperlukan.


Berikut adalah beberapa tip untuk melindungi mata:

1.      Pilihlah jenis kaca mata yang tepat  untuk  jenis bahaya yang ada ditempat kerja anda. Untuk hal ini maka supervisor anda akan menjelaskan jenis kaca mata apa yang harus anda pakai saat bekerja dan dalam keadaan apa anda harus menyimpannya.
2.      Jauhi bahaya-bahaya yang mungkin ada. Dan untuk mencapai hal ini maka diperlukan adanya pengatauran yang baik ditempat kerja.
3.      Pasang pengaman mesin yang berfungsi untuk melindungi mata anda dari potongan-potongan kayu atau serpihan logam. Sementara system exhaust akan menghilangkan partikel-partikel yang berbahaya dari udara dan pengaman cairan berfungsi untuk melindungi anda dari cairan-cairan yang berbahaya dan layar melindungi mata dari bahaya radiasi cahaya
4.      Waspadalah terhadap bahaya-bahaya lain yang mengancam keselamatan mata anda serta bacalah label dan MSDS ( Materi Safety Data Sheet ) sebelum memakai zat-zat kimia. Patuhilah petunjuk keselamatan yang tercantum dalam MSDS
5.      Ketahuilah bagaimana cara mengobati luka di mata. Untuk itu pelajari terlebih dahulu di mana tempat pencuci mata dan cara pengoperasiannya. Sebab mungkin dan perlu memakainya pada saat anda terkena percikan cairan kimia, dan bila mendapat luka di mata maka lakukan tindakan pertolongan pertama yang cepat dan tepat. Namun meskipun anda yakin telah melakukan tindakan yang benar, anda harus mencari pengobatan lebih lanjut terhadap luka di mata tersebut

Pemakaian yang baik dan benar dari alat pelindung mata serta bekerja sesuai standar prosedur yang ada akan memberikan perlindungan terhadap mata.

Anda hanya diberi 2 mata untuk selamanya. Untuk itu berhati-hatilah agar tidak ada kecelakaan yang menghancurkannya. Pakailah selalu alat pelindung mata.

2 komentar:

  1. membantu bgt nih...

    BalasHapus
  2. sangat bagus,bisakah saya diberi izin untuk menyadur artikel diatas dalam safety meeting.syahrir muin

    BalasHapus