APA GUNANYA RENCANA KESELAMATAN


Usaha untuk mencegah kecelakaan dan cedera adalah usaha yang tidak habis-habisnya. Melakui pelaksanaan safety talk ini,  karyawan akan selalu diberikan ceramah-ceramah yang berhubungan dengan keselamatan kerja, sehingga karyawan akan dapat mengenal pekerjaannya, dan juga dapat mengetahui bahaya-bahaya yang mungkin timbul dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari. Dengan mengenal serta mengetahui kemungkinan bahaya pada tempat anda bekerja, anda dapat menghindari bahaya tersebut atau dengan kata lain anda anda dapat bekerja dengan selamat.

Maksud dari safety adalah bebas dari bahaya, cedera atau kerusakan peralatan. Untuk mencegahnya, kita harus mengikuti peraturan-peraturan dan mengikuti petunjuk cara kerja yang aman, supaya kita tidak melakukan sesuatu yang menyebabkan kecelakaan dan bahaya.


Perlengkapan APD yang telah diberikan oleh perusahaan kepada karyawan harus selalu dipakai dalam anda melakukan aktivitas pekerjaan, tentunya APD yang dipakai sesuai dengan ruang lingkup pekerjaan, demi untuk keselamatan anda. Pengalaman waktu-waktu yang lalu menunjukkan bahwa cedera dapat dihindari oleh karena memakai APD dengan baik dan benar.

Anda tentu melihat tanda-tanda (sign) peringatan, larangan dan wajib ditempelkan atau dipasang pada peralatan-peralatan atau mesin-mesin, kendaraan atau pada sekitar tempat anda bekerja, anda juga tentu melihat hal-hal lainnya yang berhubungan dengan keselamatan kerja. Semua dimaksud sebagai peringatan, supaya anda selamat dalam bekerja dan dapat bekerja dengan aman.

Jika anda meluangkan waktu untuk membaca sign / tanda – tanda peringatan, tanda-tanda bahaya  spanduk – spanduk yang dipasang, lalu anda memikirkannya dan mempraktekkannya, dapat dipastikan bahwa anda akan mendapat manfaat karenanya, anda akan terhindar dari cedera atau kecelakaan.       

Supervisor anda dan safety officer akan memberikan kepada anda mengenai kondisi-kondisi yang tidak aman (unsafe condition) ditempat pekerjaan anda. Jika anda misalnya diperingatkan akan hal I ni, diharapkan anda dapat menerima peingatan / koreksi tersebut dengan baik, demi keselamatan anda.

Andai kata salah satu dari anda atau  teman anda kena cedera, laporkanlah secepatnya pada pengawas anda / supervisor anda, jika luka tersebut memerlukan perawatan, harus segera dibawa ke Poliklinik untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Kejadian near mess, first aid, accident / incident dan Equipment damage harus segera dilaporkan atasan anda dan ke safety departemen. Laporan dari anda tersebut diperlukan untuk mendapatkan data kecelakaan tersebut, sehingga dapat ditentukan cara yang sebaiknya diambil untuk mencegah agar kecelakaan yang sama tidak akan terulang lagi.
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APA GUNANYA RENCANA KESELAMATAN"

Posting Komentar