KENALILAH PEKERJAANMU

LATAR  BELAKANG
Tenaga kerja dan setiap orang lain yang berada ditempat kerja selalu dalam keadaan selamat dan sehat.
Pekerjaan yang kita lakukan dengan tidak mengenal proses, akibat yang akan timbul dan peralatan serta alat safety yang seharunya digunakan akan menimbulkan suatu akibat ( kecalakaan kerja ). Dan semua ini bisa timbul kalau kita tidak mengenal betul pekerjaan yang kita lakukan.

PENJELASAN

Anda tentunya telah banyak mendengar mengenai keselamatan dan kesehatan kerja semenjak anda mulai bekerja di tempat ini. Anda juga telah melihat bahwa ditempat - tempat pekerjaan telah dipasang tanda - tanda untuk mengingatkan anda akan akibat atau bahaya - bahaya yang dapat terjadi di tempat itu. Poster - poster juga telah dipasang, yang mengingatkan anda agar memakai kacamata pengaman ( goggles ), topi pengaman ( Safety hat ) dan alat - alat proteksi diri lainnya. Ceramah mengenai Keselamatan dan Kesehatan Kerja ( Safety Talk ) juga telah diadakan secara teratur.

Sebenarnya untuk apa semua itu  ?????

Hal - hal tersebut diatas  semuanya mengingatkan kepada kita, bahwa kita harus selalu berhati - hati di dalam pekerjaan, supaya kita dan teman sekerja tidak akan kehilangan apa yang telah kita miliki : Tangan, Kaki, Mata Jari dan bahkan juga nyawa. Tentunya hal seperti ini tidak kita inginkan bukan ???.

Peraturan pertama dalam Safety ialah " KENALILAH PEKERJAANMU ".

Seseorang tidak begitu saja dapat menjalankan mesin dengan aman tanpa mempelajarinya terlebih dahulu, begitu juga pekerjaan lainnya. Anda harus mengenal dan mempelajari cara yang benar untuk menggunakan suatu alat. Jika anda telah mengenal dengan baik pekerjaan anda, sangat kecil kemungkinannya untuk celaka. Anda juga harus mengatahui apa yang boleh dikerjakan dan apa yang tidak boleh dikerjakan dengan peralatan tersebut. Sebagai contoh :

1.      Crane / takel tidak digunakan untuk bahan yang lebih berat dari daya angkut maksimum yang diperkenankan.
2.      Selain palu ( Hammer ) , jangan mengunakan alat lain untuk memukul atau memalu paku.
PAKAILAH SUATU ALAT SESUAI DENGAN FUNGSINYA. Hal lain yang juga perlu harus anda ketahui ialah : apa bahaya yang mungkin terjadi dalam pekerjaan tersebut, misalnya jika anda  bekerja dengan menggunakan mesin gerinda, anda harus tahu bahwa ada benda halus terbang oleh karenannya pasanglah pelindung, pakailah kaca mata pengaman ( goggles ) sehingga mata anda akan terhindar dari kemasukan benda - benda halus tersebut.
Jika anda telah mengenal pekerjaan anda dengan baik, dengan demikian anda dapat mengetahui alat pelindung diri apa yang cocok untuk dipakai, selalu berhati - hati dalam melakukan pekerjaan, yakinlah bahwa anda tidak akan mendapat kecelakaan.
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KENALILAH PEKERJAANMU"

Posting Komentar