MEMASUKI TEMPAT KERJA YANG BERBAHAYA


Biasanya tanda keselamatan dan kesehatan dipasang ditempat berbahaya karena dalam banyak hal, bahaya tersebut tidak tampak. Misalnya hanya sedikit orang yang kalau berjalan kadang-kadang melihat ke atas, sekalipun ada bahaya benda jatuh biasanya orang yang lewat tidak menyadari adanya bahaya tersebut. Adanya carbon monoksida dan kekurangan oksigen yang keduanya tidak berwarna dan tidak berbau tidak bisa dibedakan dengan udara biasa. Oleh karena itu perlu memberi peringatan dengan mamakai tanda tersebut.

Dengan kata lain, hal ini berarti bahwa anda tidak boleh bertindak dengan bebas atas kemauan sendiri, bila tanda sudah kelihatan. Penilaian anda sendiri pada tempat sejauh pandangan, dalam batas kemampuan panca indera mungkin tidak mampu melindungi diri dari bahaya potential  yang tersembunyi. Listrik merupakan contoh benda yang tidak bisa anda lihat. Apabila listrik diputuskan misalnya untuk suatu pekerjaan konstruksi maka jaringan listrik mungkin masih bermuatan. Jika salah satu ujung kabel jaringan listrik dimasukkan ke dalam genangan air dan anda menyentuh ujung lainnya akan menyebabkan sengatan listrik. Di tempat mana pun baik yang terpasang tanda bahaya atau tidak, berhati-hatilah bila mendekati daerah yang mempunyai tegangan listrik.

Bila larutan organik disimpan dalam ruang yang kecil, maka gas yang dihasilkan dapat memenuhi ruangan tersebut. Walaupun untuk orang biasa baunya sangat menyengat dalam konsentrasi yang rendah sekalipun, tetapi bagi pekerja di tempat itu bau tidak terasa, sehingga dapat menimbulkan kecelakaan. Hal semacam ini kadang - kadang dapat menjadi masalah hidup atau mati.

Kekurangan oksigen dalam udara dapat terjadi secara tak terduga. Kekurangan oksigen tersebut dapat ditimbulkan antara lain karena proses pengkaratan logam, bakteri, tanaman, biji-bijian dan lain-lain. Karena itu dilarang masuk ke tempat dimana tanda larangan dipasang atau ke tempat yang belum anda ketahui potensi bahayanya. Mungkin anda harus memasuki tempat berbahaya untuk inspeksi atau perbaikan. Dalam hal ini pun jangan masuk tanpa ijin. Kahadiran orang lain sangat penting untuk mengawasi kegiatan anda dan mengusahakan agar anda benar - benar berhati - hati.

Di tempat dimana terdapat kemungkinan gas beracun atau kekurangan oksigen, upaya pengukuran parameter lingkungan kerja harus dilaksanakan. Karena kondisi tidak tampak maka kewaspadaan dan penyediaan peralatan yang memadai adalah sangat penting. Bahkan walaupun tempat tersebut sebelunnya aman, mungkin saat ini tidak demikian dan dapat mengancam jiwa anda.  

" Jika bahaya telah diketahui oleh setiap orang, maka peringatan tidak lagi diperlukan, karena itu tanda keselamatan adalah untuk bahaya yang tersembunyi "
dan

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMASUKI TEMPAT KERJA YANG BERBAHAYA"

Posting Komentar